Thursday 28 January 2016

Cara Mudah Membersihkan Virus Di Hp Android

Pojokshare.com- Saat ini tingkat penggunaan smartphone, khususnya dengan system operasi android semakin marak dan terus mengalami trends peningkatan. Memiliki smartphone seolah-olah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Tingginya angka pengguna smartphone android ini di manfaatkan betul oleh para cracker ataupun orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menciptakan sebuah program yang dapat merusak ataupun menggangu kinerja dari sebuah smartphone. Adapun program ini lebih di kenal dengan sebutan virus ataupun malware.
Jika dahulu virus ataupun malware lebih popular menyerang perangkat komputer, namun kini kehadiran virus juga sering di jumpai pada perangkat smartphone. Imbasnya pengguna smartphone mengalami kerugian akibat smartphone yang di miliki tidak dapat berkerja dengan baik, bahkan dalam kasus terburuk data-data penting yang ada di smartphone dapat di curi melalui program jahat yang hadir pada system smartphone.

Ada beberapa permasalahan yang timbul akibat serangan virus dan malware pada perangkat smartphone android seperti kinerja smartphone yang menjadi lebih lambat dan berat, penggunaan kuota internet yang semakin boros akibat adanya program jahat yang bekerja di smartphone dan yang lebih buruknya lagi data-data penting yang ada di smartphone dapat terhapus dan juga di curi.

Ada beberapa cara yang dapat di lakukan untuk membersihkan virus android. Berikut beberapa cara membersihkan virus dan malware pada android :

Menghilangkan Virus Di Android Dengan Aplikasi Antivirus

Cara paling umum untuk mengatasi virus pada android ialah dengan menginstal antivirus. Cara ini terbilang ampuh untuk menghapus virus android dan tentunya mudah di lakukan. Pengguna hanya perlu mendownload aplikasi antivirus dari playstore melalui android. Setelah aplikasi antivirus terinstal selanjutnya buka aplikasi dan lakukanlah proses scan dengan memilih menu yang terlah tersedia.
Ada beberapa jenis aplikasi antivirus android bagus yang cukup terkenal dan ampuh yang tentunya dapat menjadi pilihan para pengguna android. Adapun beberapa antivirus terbaik android yang dapat diinstal adalah 360 security, Avira Antivirus, Avg Antivirus, Avast Mobile Security, Bitdefender, malwarebyte anti malware dan kaspersky.

Menghilangkan Virus Di Android Dengan Reset Pabrik

Cara kedua yang dapat di terapkan untuk menghilangkan virus android adalah dengan melakukan reset pabrik atau yang lebih di kenal dengan proses mengembalikan android ke pengaturan awal. Cara ini dapat menjadi pilihan jika virus terlalu bandel dan tak dapat di atasi dengan menggunakan antivirus.

Ketika menggunakan reset pabrik maka aplikasi yang terinstal dan data-data di memori internal akan terhapus, android akan kembali seperti awal mula ketika baru di beli. Untuk itu sebelum melakukan proses reset pabrik ada baiknya data-data penting seperti foto yang berada pada memori internal di pindahkan atau di copy terlebih dahulu ke memori eksternal seperti kartu memori hp (SD Card) yang terpasang di smartphone, atau juga dapat mengcopykan ke laptop, komputer dan juga flashdisk.

CARA MELAKUKAN RESET PABRIK ANDROID
  1. Pilih menu pengaturan pada smartphone
  2. Pilih “cadangkan dan reset”
  3. Pilih “Reset data pabrik”
  4. Selanjutnya pilih “Reset perangkat”
Biarkan proses berjalan dengan ditandai munculnya gambar logo robot android berwarna hijau. Tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai. Jika proses berhasil maka anda akan menemui tampilan android akan kembali seperti semula pada saat smartphone pertama kali di beli. Dalam kondisi ini beberapa apliaksi android akan hilang terkecuali aplikasi bawaan android seperti camera, playstore, dll.
Untuk menampilkan aplikasi yang telah hilang silahkan download kembali aplikasi tersebut melalui playstore. 

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.