Wednesday 20 January 2016

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Pojokshare.com- Obat-obatan alami yang bersumber dari tumbuhan merupakan jenis obat terbaik yang dapat menjadi pilihan ketika tubuh diserang penyakit. Banyak sekali jenis-jenis tumbuhan yang dapat di jadikan sebagai senjata guna melawan penyakit atau gangguan lain pada tubuh dan salah satu tumbuhan tersebut adalah kunyit.

Di indonesia kunyit dapat dengan mudah di temukan dan menjadi tumbuhan yang mudah untuk di budidayakan. Kunyit biasa di manfaatkan sebagai campuran masakan dan beberapa jenis minuman herbal. Selain bermanfaat sebagai bahan bumbu masakan ternyata kunyit memiliki kasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh manusia :

Meredakan Nyeri Sendi

Nyeri sendi merupakan salah satu penyakit yang di keluhkan banyak orang, terutama bagi pria ataupun wanita yang telah memasuki usia diatas 40 tahun. Banyak obat yang bisa di konsumsi guna mengurangi rasa nyeri pada sendi dan salah satunya dapat menggunakan kunyit.

Mengurangi rasa nyeri pada sendi dapat menggunakan ekstrak dari kunyit. Namun untuk penggunaan secara sederhana bisa dengan memarut beberapa gram kunyit dan meminum air dari hasil parutan tersebut secara rutin.

Menurunkan Tekanan Darah

Bila anda salah satu yang di diagnosa mengidap tekanan darah tinggi maka dapat mencoba kunyit sebagai obat alami penurun tekanan darah tinggi. Selain murah, kunyit termasuk sebagai obat yang aman untuk di konsumsi. Penggunaan kunyit untuk menurunkan tekanan darah tinggi sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa gram kunyit lalu merebusnya. Minumlah air rebusan kunyit secara rutin hingga tekanan darah kembali normal.

Meningkatkan Kualitas Otak Manusia

Ada sebuah penelitian yang berhasil menyimpulkan bahwa kunyit memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan otak. Dengan mengkonsumsi kunyit dapat memperbaiki sel-sel otak yang rusak dan juga dapat meningkatkan kualitas otak. Kunyit memiliki kandungan ar-turmeron atau turmeron aromatik. Kandungan inilah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan otak manusia.

Mencegah Diabetes

Bila anda memiliki riwayat keturunan sebagai penderita diabetes maka sudah sewajarnya anda harus waspada. Orang-orang yang memiliki keturunan diabetes berpeluang besar juga terjangkit diabetes. Untuk mencegah diabetes menyerang sudah sewajarnya harus melakukan pola hidup sehat dan mengkonsumsi obat yang mampu mencegah diabetes muncul. Kunyit dapat menjadi pilihan sebagai penangkal ataupun mencegah diabetes menyerang tubuh. Konsumsilah kunyit secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Menghilangkan Bau Badan

Untuk anda yang bermasalah dengan bau badan tentu hal ini sangatlah menggangu terutama bila sedang berada di dekat orang lain. Sebenarnya banyak produk yang di jual di pasaran guna membantu para pengidap bau badan tak sedap. Namun tak ada salahnya juga menggunakan metode alami untuk menghilangkan bau badan dan salah satu cara yang dapat di tempuh adalah dengan menggunakan kunyit. Untuk mendapatkan kasiat kunyit sebagai penghilang bau badan yaitu dengan cara meminum air rebusan kunyit secara rutin.

Meredakan Nyeri Datang Bulan

Bagi sebagian wanita datang bulan sering di sertai dengan rasa nyeri yang sangat mengganggu. Agar rasa nyeri saat datang bulan dapat berkurang ataupun hilang maka dapat mencoba membuat jamu dari ramuan bahan alami berupa kunyit dan asam jawa. Cara pembuatannya sangatlah mudah yaitu dengan cara memarut beberapa kunyit lalu menyaring airnya.  Rebuslah air kunyit tadi dengan campuran asam jawa dan gula secukupnya. Proses selesai dan kini jamu kunyit asam bisa di minum guna menghilangkan nyeri akibat datang bulan.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.