Sunday 14 February 2016

Mengenal Macam Macam Sirih dan Khasiatnya Bagi Tubuh Manusia

Pojokshare.com- Mendengar nama daun sirih mungkin bukanlah hal asing bagi banyak masyarakat indonesia. Karena memang daun sirih merupakan daun yang sangat populer dan dikenal sebagai tumbuhan obat yang mampu serta berkhasiat meredakan berbagai macam penyakit.

Daun sirih memiliki batang yang menjalar dan biasanya hidup dengan melilit pagar atau batang pohon lain sebagai tumpuan. Umumnya daun sirih yang banyak di temui adalah daun sirih dengan warna hijau tua, namun tahukah anda bahwa daun sirih memiliki banyak jenis dan warna daun. Berikut jenis jenis daun sirih yang ada :
Daun Sirih Merah

Daun sirih merah merupakan jenis daun sirih yang berasal dari sulawesi, namun saat ini telah tersebar di banyak daerah di indonesia. Daun sirih merah memiliki bentuk fisik yang tak jauh berbeda dengan daun sirih pada umumnya, perbedaan hanya terletak pada bagian bawah daun yang di dominasi warna merah tua. Daun sirih merah terkenal dengan khasiatnya yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti Hepatitis, kolesterol, radang dan nyeri sendi, maag serta berbagai macam penyakit lainnya.

Daun Sirih Hitam

Jenis daun sirih hitam mungkin tidak begitu di kenal banyak orang, maklum saja jenis daun sirih ini terbilang sulit di temukan bila di bandingkan daun sirih hijau. Daun sirih hitam memiliki bentuk fisik yang lebih bulat jika di bandingkan dengan daun sirih pada umumnya. Selain itu warnanya juga lebih gelap dan cenderung hitam, hal inilah yang menjadi alasan daun sirih jenis ini dinamakan sirih hitam. Konon banyak yang menghubungkan daun sirih hitam dengan hal-hal mistis, meskipun begitu daun sirih hitam di percaya memiliki manfaat yang lebih hebat dari semua jenis daun sirih yang ada.
Daun Sirih Bulu

Dinamakan sirih bulu karena batang dan daun sirih ini di penuhi dengan bulu bulu halus yang menyelimuti setiap permukaannya. Daun sirih bulu berukuran lebih kecil dan bentuknya jauh berbeda dengan sirih pada umumnya. Perbedaan dapat di tinjau dari warna dan jumlah ruas tulang pada daun. Jika daun sirih pada umumnya memiliki 5 ruas tulang daun maka daun sirih bulu memiliki tulang daun hingga mencapai 12.

Daun Sirih Kuning

Pernahkah anda menemui sirih dengan daun berwarna kuning. Jika pernah maka Jangan langsung berkesimpulan bahwa daun sirih tersebut telah layu atau kurang sehat, bisa jadi sirih yang anda jumpai adalah jenis daun sirih kuning. Sirih memiliki banyak jenis warna daun dan salah satunya adalah daun sirih kuning. Sirih kuning juga memiliki nama lain yaitu sirih gading.

Daun Sirih Silver

Sesuai dengan namanya, sirih ini memiliki warna silver pada permukaan daunnya. Bila diamati, daun sirih ini lebih seperti tanaman hias yang biasa di budidayakan di rumah-rumah. Karena bentuknya yang seperti tanaman hias ini lah daun sirih silver juga di perjual belikan sebagai tanaman tanaman hias.

Daun Sirih Putih

Daun sirih putih memiliki warna daun putih di selingi hijau tua. Pada daun muda, warna putih lebih terlihat terang dan jelas. Warna putih pada daun sirih ini tidak bersifat permanen, hal ini di karenakan biasanya warna putih pada daun sirih secara perlahan akan memudar dan hilang seiring dengan semakin tuanya daun.

Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh Manusia 

Daun sirih merupakan tumbuhan yang dapat di gunakan sebagai obat herbal. Ada banyak sekali penyakit yang dapat disembuhkan menggunakan daun sirih. Adapun beberapa penyakit yang dapat di sembuhkan menggunakan daun sirih antara lain:
  • Menghilangkan bau badan
  • Menghilangkan gatal
  • Bau mulut
  • Sakit gigi
  • Keputihan 
  • jerawat
  • Sariawan
  • Demam berdarah
  • Kolesterol
  • Nyeri sendi
  • Radang
Cara penggunaan daun sirih sebagai obat adalah dengan cara merebus daun sirih dan meminumnya. Namun untuk permasalahan di luar badan seperti gatal-gatal dan bau badan penggunaannya dapat di lakukan dengan cara mandi menggunakan air rebusan daun sirih.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.