Sunday 6 March 2016

Beberapa Manfaat Memelihara Ikan Hias Bagi Manusia

Pojokshare.com- Memelihara ikan hias menggunakan akuarium merupakan salah satu hobi yang banyak di gandrungi oleh manusia. Apalagi saat ini ikan hias dengan berbagai jenis serta warna dapat dengan mudah di beli di pasaran dan tentunya harga ikan ini juga relatif terjangkau. Ada beberapa jenis ikan yang paling banyak di minati oleh pencinta ikan hias antara lain ikan cupang, ikan koi, ikan discus, louhan, mandarin, arwana dan mas koki.

Namun tahukah anda bahwa hobi sederhana ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi pelakunya serta orang-orang di sekitar.Berikut beberapa manfaat memelihara ikan hias bagi manusia :
manfaat memelihara ikan hias dalam akuarium
  • Pernahkah anda melihat akuarium yang berisi ikan hias di ruang-ruang rumah sakit, khususnya pada ruang tunggu. Menempatkan akuarium pada ruang tunggu rumah sakit bukanlah sesuatu yang di lakukan tanpa alasan. Selain memiliki manfaat sebagai penghias ruangan ternyata menempatkan akuarium ini juga memiliki manfaat sebagai terapi Fisiologis bagi pasien dan keluarga pasien. Menurut sebuah penelitian, memandangi ikan-ikan hias yang berada pada akuarium dapat mengurangi tingkat stres, kecemasan dan menjadikan pikiran lebih rileks. Karena manfaatnya yang luar biasa ini, maka tak ada salahnya mulai sekarang anda memelihara ikan hias di rumah.
  • Memelihara ikan hias juga bermanfaat bagi anak-anak yang menderita autis. Seperti di ketahui bahwa anak yang menderita autis biasanya memiliki tingkat emosional yang tinggi. Dengan memandangi liukan ikan  yang berwarna-warni di akurium di percaya mampu menenangkan anak-anak yang menderita autis.
  • Bagi anda yang sulit fokus dalam berfikir, khususnya yang masih berusia anak-anak, maka akurium dapat dijadikan sebagai media terapi. Sulitnya fokus pada usia anak-anak di sebut dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). ADHD menyebabkan gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitas anak-anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan. Dengan terapi akuarium dapat menenangkan saraf dan pikiran anak ADHD.
  • Menambah keindahan ruangan adalah alasan banyak orang memeliara ikan hias dalam akuarium. Hal ini tidak dapat di pungkiri karena memang dengan menempatkan akuarium pada sudut sudut ruangan rumah menjadikan suasana rumah lebih indah dan terkesan natural, apalagi akuarium yang di miliki berukuran besar dan diisi aneka ikan-ikan indah serta tumbuhan air.
  • Manfaat memelihara ikan hias yang terakhir adalah sebagai hobi dan untuk meraup rupiah. Sambil menyelam minum air mungkin pepatah yang paling tepat untuk menggambarkan hal ini. Selain sebagai hobi, memelihara ikan hias juga dapat menjadi sebagai sumber pendapatan finansial. Di indonesia sendiri sudah banyak orang-orang yang sukses mengembangkan usaha menjual ikan hias, dimana sebelumnya juga berawal dari hobi.

3 comments:

  1. Wah ternyata banyak juga ya manfaat dari merawat ikan hias di akuarium.

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Psikologi. Perkembangan psikologi manusia sekarang ini harus sangat diperhatikan agar mereka tidak berkembang dengan mental yang salah. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai psikologi yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
  3. Kalau sanggup bisa belajar budidaya juga, pasti menguntungkan. Kalau saya sih sama kayak di artikel ini (https://www.galena.co.id/q/apa-keuntungan-dari-memelihara-ikan-hias), miara cuma buat hiburan menghilangkan stress dan buat tontonan kucing haha. Jangan lupa juga kalo udah memelihara ikan hias ada aturannya, jangan sampe ikannya mati cuma karena akuarium kotor atau kekecilan buat si ikan.

    ReplyDelete

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.