Friday 1 July 2016

Bahaya Minuman Bersoda Jika Di Minum Secara Berlebihan

Pojokshare.com- Kini minuman bersoda begitu populer, aneka merek serta rasa dengan mudah di temui di pasaran. Rasanya yang enak dan segar membuat minuman bersoda menjadi primadona bagi banyak orang. Meminum minuman bersoda secara rutin sudah menjadi kebiasaan sebagian orang, bahkan pada perayaan hari besar seperti lebaran, minuman bersoda seolah-olah menjadi minuman yang wajib di hidangkan. Namun tahukah anda bahwa terlalu sering meminum minuman bersoda akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Terlebih lagi bila minuman ini di konsumsi secara berlebihan.
bahaya minuman bersoda
Ada banyak penyakit yang dapat di timbulkan akibat banyak mengkonsumsi minuman bersoda. Minuman bersoda akan sangat berbahaya jika di serap tubuh secara berlebihan. Berikut beberapa gangguan dan penyakit berbahaya yang dapat timbul akibat seringnya mengkonsumsi minuman bersoda.

Minuman Bersoda Berbahaya Terhadap Ginjal 

Bila anda pernah mendengar seseorang terkena penyakit ginjal yang diakibatkan sering meminum minuman bersoda dan berpewarna maka itu adalah benar adanya. Seperti di ketahui bahwa minuman bersoda dan sejenisnya mengandung pewarna buatan, pemanis buatan, asam fosfat dan kafein, Zat-zat ini bila masuk ke tubuh dalam jumlah banyak akan menyebabkan kerusakan fungsi ginjal. Tak heran banyak dokter menganjurkan agar seseorang senantiasa mengurangi jumlah konsumsi minuman bersoda dan minuman dengan pewarna buatan.

Minuman Bersoda Menyebabkan Kerapuhan Pada Tulang 

Di dalam minuman bersoda terkandung zat yang bernama asam fosfat. Asam fosfat mampu melarutkan kalsium yang ada pada tulang akibatnya tulang menjadi lebih rapuh. Beberapa peneliti di amerika telah menguji dampak asam fosfat terhadap kerapuhan tulang dan dari hasil uji tersebut di simpulkan seseorang yang sering mengkonsumsi asam fosfat lebih rentan mengalami kerapuhan dan patah tulang.

Minuman Bersoda Meningkatkan Resiko Penyakit Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya karena dari sinilah penyakit-penyakit lain dapat timbul. Penyakit Diabetes dapat menyerang siapa saja, terutama seseorang yang memiliki riwayat keturunan berpenyakit diabetes. bagi anda yang tidak ingin terserang diabetes haruslah menjaga pola makan dan minum. Salah satu minuman yang patut anda hindari adalah minuman bersoda. Minuman bersoda mengandung pemanis buatan yang dapat meningkatkan resiko diabetes.

Minuman Bersoda Meningkatkan Resiko Terkena Kanker Pankreas

Berdsarkan penelitian beberapa peneliti di Amerika, seseorang yang rutin meminum minuman bersoda akan memiliki peluang lebih besar terkena penyakit kanker pankreas. Penelitian ini melibatkan banyak responden dan hasilnya sebanyak 87% dari responden mengalami resiko kanker pankreas.

Meminum minuman bersoda tidak sepenuhnya di larang namun yang perlu di perhatikan adalah jumlahnya. jangan meminum minuman ini secara berlebihan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.