Tuesday 6 September 2016

Cara Mudah Memperbaiki HP Mati Terkena Air Atau Terendam Air

Pojokshare.com- HP kemasukan air merupakan salah satu masalah yang sering melanda banyak pengguna Handphone. Hp terkena air biasanya terjadi karena ketidak sengajaan dan keteledoran para pemilik Hp, akibatnya HP menjadi tidak dapat di gunakan lagi karena tidak adanya tampilan pada layar alias mati total.
memperbaiki hp terkena air
HP mati terkena air dapat menjadi momok menakutkan bagi banyak pengguna handphone, apalagi hp terendam air secara keseluruhan yang menyebabkan hp tidak dapat menyala. Untuk mengatasi ini pada umumnya banyak orang membawa HP yang mereka miliki ke Service HP agar dapat segera di tangani. Namun tahukah bahwa dengan beberapa langkah mudah sebenarnya anda sendiripun dapat mengatasi HP yang terendam air sehingga kembali dapat menyala.

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dan di lakukan ketika mengalami Handphone terendam ataupun kemasukan air. Berikut cara mudah memperbaiki Hp yang mati karena kemasukan atau terendam air :
  • Jika anda mengalami handphone kecemplung atau kemasukan air hal yang perlu di perhatikan adalah jangan sekali-kali mencoba untuk langsung menghidupkan handphone anda, karena hal ini justru membuat keadaan HP semakin buruk. Banyak orang ketika mengalami hp terkena air langsung buru-buru untuk menghidupkan kembali handphone dengan menekan tombol power padahal tindakan ini sangat tidak di anjurkan.
  • Jika mengalami hp terjebur air ada baiknya langsung melepas Baterai handphone, kartu sim, kartu memori dan membongkar HP hingga hp berada dalam keadaan telanjang.
  • Keringkan semua komponen hp menggunakan hair dryer (saat menggunakan hair dryer usahakan jangan terlalu dekat agar tidak merusak komponen yang ada pada hp).
  • Jika tidak memiliki hair dryer, anda dapat menggantinya dengan kipas angin. Putarlah kipas angin dengan kecepatan tinggi hingga sisa-sisa air pada komponen handphone mengering. Bantu juga proses pengeringan menggunakan tisu karena seperti di ketahui bahwa tisu memiliki daya serap yang sangat baik terhadap air.
  • Biarkan hp berada di depan kipas angin dalam waktu yang cukup lama sehingga komponen hp benar-benar kering dan tidak ada sisa air yang menempel. Jika perlu biarkan hp semalaman berada dalam proses pengeringan.
  • Setelah handphone di rasa benar-benar kering, anda dapat mencoba menghidupkan handphone anda. Bila beruntung anda akan mendapati layar kamera akan kembali menyala dan menampilkan menu-menu layaknya sebelum terkena air. 
  • Cara ini pernah saya lakukan ketika mengalami Hp terendam air dan alhamdulillah berhasil saya terapkan hingga handphone kembali menyala.
Beberapa cara lain yang juga banyak di sarankan ketika hp terkena air adalah dengan mengubur HP didalam beras dalam jangka waktu 24 jam ( semakin lama semakin baik). Tujuan mengubur hp yang terkena air di dalam beras agar sisa-sisa air yang melekat pada komponen HP dapat kering dengan sempurna. Beras memiliki sifat atau daya serap yang luar biasa terhadap air sehingga baik di gunakan untuk mengeringkan hp yang terkena air.

1 comment:

  1. Saya pernah mengalami Hp bukan terkena lagi tapi terendam air karena lupa dimasukkan ke saku celana tak diambil.Bisa bener lagi sih cuma sama tukang service

    ReplyDelete

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.