Tuesday 13 September 2016

6 Pewarna Makanan Alami Yang Aman dan Baik Di Gunakan Untuk Campuran Makanan

Pojokshare.com- Sudah bukan rahasia lagi bahwa warna mampu membuat sebuah makanan menjadi terlihat lebih menarik dan menggugah selera. Apalagi makanan memiliki warna-warna cerah yang pastinya membuat siapapun yang melihat akan tergoda untuk mencicipi. 

Pewarna makanan pada umumnya terbagi menjadi dua yakni pewarna makanan buatan/kimia dan pewarna makanan alami. Kedua jenis pewarna ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang tentunya hingga saat ini sangat sering di gunakan sebagai bahan campuran untuk memberikan warna pada makanan.

Bila di tinjau dari segi kesehatan tentu semua orang sepakat bahwa pewarna makanan alami adalah juaranya. Bahan pewarna makanan alami sangat aman bila di konsumsi, namun sebaliknya pewarna makanan buatan yang mengandung bahan kimia di sinyalir mampu membuat tubuh menjadi tidak sehat seperti dapat menimbulkan gangguan pada saluran pencernaan dan resiko kanker pada tubuh. 
pewarna alami makanan

Pewarna makanan alami biasanya bersumber dari tumbuh-tumbuhan yang pastingnya jauh dari zat-zat berbahaya seperti yang terkandung dalam beberapa jenis pewarna buatan. Tak heran bila bahan pewarna alami ini lebih di pilih para kaum ibu-ibu ketika membuat aneka makanan.

Berikut 6 pewarna makanan alami yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan dan buah yang tentunya sangat aman bila di konsumsi :

Buah Naga

Siapa yang tak kenal dengan buah naga, buah yang kaya vitamin dengan cita rasa lezat ini merupakan salah satu buah yang dapat di gunakan untuk bahan pewarna makanan. Buah naga mampu menghasilkan warna merah gelap dan merah muda tergantung seberapa banyak anda mencampur buah naga pada adonan makanan/kue.

Untuk menggunakan buah naga sebagai pewarna makanan alami yaitu dengan cara menghaluskan buah naga menggunakan blender. Jangan lupa juga mencampurkan sedikit air agar buah naga yang di blender tidak terlalu kental.

Saringlah buah naga yang telah di blender sehingga terpisah dari ampas-ampasnya. Selanjutnya tinggal mencampurkan sari buah naga pada adonan kue serta berbagai jenis makanan lainnya. Selain aman, penggunaan buah naga juga tidak merubah rasa kue sehingga dapat di jadikan campuran berbagai jenis kue.

Daun Pandan

Penggunaan daun pandan untuk memberi warna pada kue telah menjadi resep turun temurun dari zaman dahulu. Penggunaan daun pandan sebagai bahan pewarna makanan alami juga memiliki nilai plus dimana daun pandan mampu menjadikan kue beraroma lebih wangi dan sedap.

Adapun cara membuat daun pandan sebagai pewarna alami makanan adalah dengan menghaluskan daun pandan yang di campur sedikit air menggunakan blender. Setelah itu pisahkan ampas daun pandan dengan cara di saring hingga menghasilkan cairan hijau kental yang siap di jadikan sebagai pewarna makanan alami.

Kunyit

Bila anda membutuhkan pewarna makanan alami berwarna kuning maka kunyit adalah pilihan yang sangat tepat. Kunyit biasa di gunakan sebagai pewarna berbagai jenis makanan seperti adonan tepung untuk membuat gorengan, pewarna  tahu dan tempe, peyek dan lain-lain. Cara menjadikan kunyit sebagai pewarna alami untuk makanan yaitu dengan cara di parut menggunakan parutan kunyit atau parutan kelapa tradisional.

Blueberry

Blueberry dapat di gunakan sebagai bahan pewarna makanan alami yang menghasilkan warna ungu dan biru. Cara penggunaan blueberry sebagai pewarna alami untuk makanan adalah dengan menjemur buah blueberry hingga mengering. Selanjutnya haluskan blueberry yang telah kering hingga tampak seperti tepung. Blueberry yang telah halus inilah yang dapat anda manfaatkan sebagai bahan campuran kue sehingga kue yang di buat memiliki warna cerah yakni ungu dan biru.

Wortel

Selain terkenal manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan ternyata wortel juga dapat di gunakan sebagai bahan pewarna makanan alami. Wortel bila di gunakan sebagai bahan campuran untuk membuat kue akan menghasilkan warna orange dan kuning.

Adapun cara membuat wortel sebagai bahan pewarna alami adalah dengan menghaluskan wortel menggunakan blender. Setelah di haluskan, tahap selanjutnya adalah menyaring wortel tersebut hingga mendapatkan sari wortel yang bebas dari ampas.

Ubi Jalar Ungu

Bahan pewarna alami untuk makanan yang terakhir adalah ubi jalar. Ada beberapa jenis ubi jalar dan salah satunya yang dapat di gunakan untuk membuat pewarna kue adalah ubi jalar ungu. Untuk menjadikan ubi jalar ungu sebagai bahan pewarna tidaklah berbeda jauh dengan kunyit. Hal yang anda harus lakukan adalah memarut ubi jalar hingga halus dan mengambil sarinya untuk di campurkan ke berbagai jenis makanan. Ubi jalar ungu juga dapat di gunakan untuk campuran kolak pisang sehingga kuah kolak yang di buat berubah warna menjadi lebih cantik yakni ungu muda.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.