Wednesday 14 September 2016

Amankah Jika Sering Menggonta-Ganti Oli Kendaraan, Ini Jawabannya !

Apa dampaknya jika sering menggonta-ganti oli motor ?, amankah jika sering gonta-ganti oli kendaraan ?, apakah sering mengganti jenis oli berdampak buruk pada mesin motor ?

Tiga pertanyaan diatas ataupun beberapa pertanyaan sejenisnya pasti pernah terbesit di benak para pemilik kendaraan khususnya kendaraan roda dua atau motor. Maklum saja, sebagian pemilik motor terkadang mencoba-coba berbagai jenis dan merk oli untuk skuter kesayangan. Ada beberapa alasan para pemiliki motor sering gonta-ganti merek dan jenis oli, bisa di karenakan ingin mendapatkan pelumas terbaik untuk kendaraan, faktor harga dan beberapa alasan lain.
oli motor terbaik
Yang jadi pertanyaan apakah kebiasaan sering mengganti berbagai jenis merek oli aman untuk mesin kendaraan ?
Pertama-tama yang perlu anda ketahui adalah bahwa di dalam setiap pelumas atau oli motor terdapat bermacam-macam bahan kimia atau dalam hal ini lebih sering di sebut bahan aditif. Setiap pelumas atau oli dengan merek yang berbeda mungkin memiliki bahan aditif yang berbeda-beda pula dan tidak cocok bila mengalami percampuran.

Apa yang terjadi jika ada dua jenis oli yang berbeda di campur atau tidak sengaja tercampur ?, kemungkinan oli tersebut akan mengalami penurunan kualitas. Kualitas yang menurun ini disebabkan karena adanya ketidak cocokan antara 2 bahan aditif. Percampuran ini juga merusak keseimbangan bahan aditif yang terkandung pada oli motor. Ujung-ujungnya pelumas atau oli yang dipakai mengalami umur yang pendek atau masa pakai yang cenderung sebentar. Cepat kotor dan berdampak buruk pada mesin motor.

Untuk itu jika ingin mengganti oli motor dengan jenis atau merek yang berbeda sebisa mungkin untuk membersihkan sisa-sisa oli sebelumnya hingga benar-benar bersih. Terapkan cara flushing atau pembilasan sehingga sisa-sisa oli lama benar-benar hilang dan kualitas terbaik pada oli tetap terjaga

Lakukan flushing atau pembilasan 1 sampai 2 kali (lebih banyak maka lebih baik), caranya masukan oli baru lalu di buang. Terakhir semprot menggunakan kompresor sehingga oli yang tersisa seluruhnya keluar.

Kesimpulannya :

Kebiasaan sering mengganti-ganti oli adalah tindakan yang tidak di sarankan, namun bila tetap ingin mengganti oli maka tips di atas wajib di ikuti yakni semua pelumas atau oli sisa yang sebelumnya di pakai harus di bersihkan tanpa ada sisa sedikitpun. Percampuran oli dengan merek yang berbeda di takutkan dapat membuat kualitas oli yang di pakai menjadi menurun dan berdampak buruk pada mesin.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.