Tuesday 4 August 2015

Cara Menampilkan Lirik Lagu Di Smartphone Android

Pojokshare.com- Kini smartphone kian di gandrungi banyak kalangan, hal ini dikarenakan smartphone mampu memberikan fasilitas-fasilitas yang tidak di dapat pada jenis HP Symbian yang dahulu dipakai banyak orang. Dengan smartphone pengguna dapat melakukan aktivitas browsing internet dengan kecepatan tinggi, instal aneka aplikasi, berfoto dengan camera resolusi tinggi, berkomunikasi via chat, call ataupun video call, dan tentunya mendengarkan lagu-lagu kesayangan via smartphone.
Add caption
Bila dahulu orang-orang lebih mengenal IPOD sebagai mp3 player, maka saat ini keberadaan IPOD mulai tergantikan oleh smartphone. Dengan smartphone memungkinkan pengguna memutar dan mengoleksi ratusan hingga ribuan file lagu. Semakin besar kapasitas penyimpanan semakin banyak pula file lagu yang dapat di koleksi.
Mendengarkan lagu via smartphone akan semakin lengkap bila lirik dari lagu dapat di tampilkan. Apalagi lagu yang di putar adalah lagu barat yang belum tentu semua orang mengetahui lirik yang di dengarkan, sehingga dengan adanya lirik yang tampil tentu sangat membantu.
Pada dasarnya lagu yang di putar pada smartphone  android tidak dapat menampilkan lirik, terkecuali lagu yang di putar telah tertanam lirik. Untuk menampilkan lirik pada lagu yang di putar ada 2 cara yaitu dengan mengunduh aplikasi lirik otomatis dan yang kedua dengan cara menambahkan file lirik pada folder lagu. Jika menggunakan aplikasi maka pengguna harus terhubung ke internet dan ini tentu sangat tidak diinginkan bagi anda yang memiliki kuota internet terbatas.
Cara sederhana menampilkan lagu tanpa selalu terhubung ke internet adalah dengan cara meletakan file lirik dan file lagu pada satu folder. Cara kerja file lirik ini sama halnya dengan penggunaan subtitle ketika memutar film melalui komputer atau laptop. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Sebagai contoh, saya ingin menampilkan lirik lagu ada band yang berjudul "Adaband-Pemujamu"
  • Untuk itu cari dan download file liriknya di internet dengan kata kunci " Adaband Pemujamu.lrc"
Catatan:  .lrc merupakan jenis file yang di gunakan untuk menampilkan lirik atau teks pada video dan audio.Sebenarnya file .lrc ini dapat dbuat sendiri menggunakan bantuan aplikasi miniliric atau LRC Editor, namun bila tak  ingin repot anda dapat mendownloadnya di internet

  • Setelah file " Adaband Pemujamu.lrc" berhasil di download, letakkan file tersebut berada satu folder dengan file lagu "Adaband Pemujamu.mp3"
  • Agar lirik dapat tampil, maka ubahlah kedua file tersebut sehingga memiliki nama yang sama.
    Klik Untuk Memperbesar
  • Proses selesai dan kini lirik lagu akan tampil ketika lagu di putar.
Untuk menampilkan lirik lagu lainnya, hal yang sama juga dapat di lakukan yaitu dengan mencari terlebih dahulu file .lrc lagu tersebut di internet ataupun membuat sendiri menggunakan bantuan aplikasi Miniliric dan LRC Editor.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.