Saturday 1 October 2016

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Pojokshare.com- Memberikan asupan nutrisi gizi dan vitamin yang cukup kedalam tubuh merupakan suatu keharusan agar tubuh selalu berada dalam keadaan sehat, fit, segar bugar dan bertenaga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Untuk mendukung terciptanya kondisi tubuh yang sehat maka di perlukan pola makan sehat pula yang memperhatikan keseimbangan nilai gizi dan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna.

Apa Itu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna ???

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah konsep menu makanan sehat bergizi yang terdiri 4 sumber nutrisi yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu. Jenis makanan 4 sehat 5 sempurna sangat di butuhkan tubuh karena mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh. Makanan 4 sehat 5 sempurna bisa di katakan sebagai menu makanan bergizi seimbang yang benar-benar di butuhkan oleh tubuh manusia, khusus untuk anak-anak, makanan dengan konsep 4 sehat 5 sempurna seperti ini mampu membantu perkembangan pertumbuhan anak dan juga baik untuk kecerdasan otak. 

Berikut contoh jenis makanan 4 sehat 5 sempurna beserta foto/gambar jenis-jenis makanan yang termasuk dalam kategori makanan 4 sehat 5 sempurna :

1. Makanan Pokok

makanan pokok 4 sehat 5 sempurna
Makanan pokok merupakan makanan utama yang di dalamnya mengandung banyak karbohidrat. Karbohidrat sendiri memiliki fungsi sebagai pemasok energi bagi tubuh manusia sehingga nantinya lebih bertenaga dalam melakukan aktivitas sehari-sehari. Beberapa makanan yang termasuk dalam jenis makanan pokok yang mengandung banyak karbohidrat adalah nasi, jagung, ubi, gandum, kentang, sagu dan roti. 

2. Lauk-Pauk

lauk pauk 4 sehat 5 sempurna
Lauk pauk adalah menu makanan yang di sajikan untuk menemani atau melengkapi makanan pokok seperti nasi, sagu, roti, dll. Lauk pauk tak sebatas hanya sebagai pelengkap ketika makan nasi akan tetapi juga mampu memberikan asupan gizi dan nutrisi bagi tubuh manusia. Beberapa jenis lauk pauk yang memiliki kandungan gizi tinggi dan umum di konsumsi oleh manusia adalah ikan, ayam, daging, telur, tahu dan tempe.

3. Sayur-Sayuran

sayuran 4 sehat 5 sempurna
Sayur-sayuran merupakan salah satu menu yang biasa di sajikan ketika makan nasi. Adanya sayuran menjadikan nilai gizi makanan semakin baik. Sayuran menjadi pelengkap makanan pokok dan lauk pauk. Sayur-sayuran sangat baik di konsumsi karena mengandung serat, aneka vitamin dan protein nabati. Beberapa jenis sayur-sayuran yang baik di konsumsi untuk melengkapi nutrisi bagi tubuh adalah bayam, wortel, brokoli, tomat, terong, pare, kangkung dan lain-lain.

4. Buah-Buahan

Buah-Buahan 4 sehat 5 sempurna
Jenis makanan ke 4 yang tergolong ke dalam makanan 4 sehat 5 sempurna adalah buah-buahan. Buah-buahan mengandung air, serat dan aneka vitamin yang sangat di butuhkan tubuh. Beberapa jenis buah yang sangat baik di konsumsi setiap hari untuk melengkapi keseimbangan vitamin di dalam tubuh adalah apel, semangka, mangga, pisang, anggur, buah naga, jeruk.

5. Susu

susu 4 sehat 5 sempurna
Dengan mengkonsumsi makanan pokok yang di lengkapi lauk pauk, sayuran dan buah-buahan sudah cukup membuat tubuh menjadi sehat dan bertenaga. Namun untuk menyempurnakan itu semua maka di butuhkan susu sebagai tambahan. Susu sangat dibutuhkan tubuh karena mengandung protein, kalsium, posfor, mineral, kasein, seng, vitamin A, B dan C. Adapun jenis susu yang baik di konsumsi untuk memberikan tambahan nutrisi bagi tubuh adalah susu sapi dan kambing.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.