Friday 14 October 2016

Pengertian Pola Hidup Sehat Dan Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pojokshare.com- Jika berbicara mengenai tubuh sehat maka sangat erat hubungannya dengan pola hidup sehat dan bagaimana cara menerapkan gaya hidup sehat itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Pola hidup sehat bisa di artikan sebagai gaya hidup atau aktivitas  yang selalu menjaga tubuh agar tetap sehat dengan menghindari segala hal yang dapat memberikan dampak buruk atau berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Dengan selalu menerapkan pola hidup sehat bisa di pastikan kondisi tubuh seseorang akan jauh lebih baik di bandingkan orang lain yang tidak menjalankan pola hidup sehat . Jika pola hidup sehat tidak di terapkan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan terutama akan munculnya serangan berbagai jenis penyakit mematikan.

pola hidup sehat

Manfaat dari pola hidup sehat :

Seseorang yang selalu menerapkan pola hidup sehat akan memiliki kondisi tubuh yang lebih baik dan kemungkinan besar akan terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya. Dengan kondisi tubuh yang bugar membuat setiap individu dapat melakukan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari dengan maksimal. Selain itu pola hidup sehat juga dapat membuat pikiran mejadi lebih tenang dan menghindari kondisi stres.

Mengingat pentingnya menerapkan pola hidup sehat maka sudah selayaknya gaya hidup seperti ini senang tiasa selalu di jalankan. Berikut beberapa tips cara menerapakan pola hidup sehat yang benar dalam kehidupan sehari-hari :

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Menerapkan pola makan sehat bisa di mulai dengan menjadwalkan waktu makan secara teratur dan tepat waktu. Selanjutnya pilihlah makanan yang memang benar-benar berguna bagi tubuh, dalam artian makanan ini mampu memberikan asupan nutrisi vitamin dan protein yang mencukupi, seperti makanan 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah-buahan dan susu.

Sebisa mungkin untuk menghindari makanan tidak sehat yang mengandung banyak lemak dan bahan-bahan kimia seperti pengawet, pewarna buatan, pemanis buatan, dll. Hindari juga makanan olahan dalam kaleng dan makanan cepat saji yang memang sangat tidak di sarankan karena memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Aturlah agar porsi makanan tidak terlalu berlebihan, karena seperti di ketahui bahwa sesuatu yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi tubuh.

2. Memperhatikan Kebersihan Diri dan Lingkungan Sekitar

Penyakit bisa datang dari kondisi tubuh dan lingkungan sekitar yang kotor, untuk itu selalu perhatikan kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Mandilah minimal 2 kali sehari agar tubuh senan tiasa dalam keadaan bersih. Perhatikan juga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar agar tidak menjadi sarang kuman penyakit.

3. Menghindari Kebiasaan Buruk

Salah satu kunci keberhasilan dalam menerapkan pola hidup sehat adalah dengan menghindari segala kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak sekali kebiasaan buruk yang membuat tubuh menjadi tidak sehat, diantaranya sering merokok, mengkonsumsi alkohol, memakai obat-obatan terlarang dan sering bergadang.

4. Rutin Mengkonsumsi Air Putih

Meskipun terlihat sepele, ternyata air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. banyak mengkonsumsi air putih dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga fungsi ginjal, mengontrol kalori, mencegah penuaan dini, meningkatkan fungsi otak, melancarkan metabolisme dalam tubuh, dll

5. Rajin Berolahraga

Olahraga adalah aktivitas yang sangat penting dalam proses menerapkan hidup sehat. Percayalah bahwa dengan rutin berolahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Olahraga juga membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Begitu dasyatnya efek olahraga mampu membuat pikiran yang tadinya stres menjadi fresh kembali.

Berlari-lari kecil 20-30 menit sehari di sekitar lingkungan rumah setiap harinya di rasa sudah cukup untuk membantu anda dalam membangun pola hidup sehat. Namun bila mampu melakukan aneka olahraga dalam waktu lebih lama tentu akan lebih baik. Beberapa olahraga lainnya yang dapat di lakukan dalam rangka menerapkan pola hidup sehat adalah bermain badminton, bersepeda, futsal, volli, dll.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.