Friday 14 October 2016

Tips Pola Makan Sehat dan Cara Menerapkan Pola Makan Sehat

Pojokshare.com- Sebagian orang terkadang tak memperdulikan mengenai pola makan yang mereka terapkan. Padahal pola makan sangatlah penting dan sangat erat hubungannya dengan kesehatan tubuh. Seseorang yang menerapkan pola makan yang baik tentu memiliki peluang besar akan mendapatkan kondisi tubuh yang baik pula dan sebaliknya untuk orang-orang yang tak memperdulikan pola makan sehat maka sudah di pastikan akan mengalami berbagai masalah tubuh yang tentunya berhubungan dengan kesehatan.

Pola makan sehat tak dapat di pungkiri memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan baik buruknya kondisi kesehatan seseorang. Dengan vitalnya peran pola makan terhadap kesehatan tubuh maka sudah selayaknya siapapun mesti menerapakan pola makan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

pola makan sehat

Lalu bagaimana cara menerapkan pola makan sehat itu sendiri ?

Untuk menerapkan pola makan sehat sebenarnya sangatlah sederhana  dan semua orang pasti bisa melakukannya. Berikut tips cara menerapkan pola makan sehat yang baik dan benar :

1. Mengatur Jadwal atau Jam Makan

Mengatur jam makan merupakan hal dasar yang memiliki peran sangat penting dalam proses menjalankan pola makan sehat. Jangan gelap mata ketika melihat sajian lezat di atas meja makan, alangkah baiknya anda makan secara terjadwal yakni 3 kali sehari dengan porsi yang wajar. Makan secara berlebihan tanpa mengenal waktu dapat menyebabkan tubuh memiliki resiko obesitas. Jika sudah obesitas bukan tidak mungkin bebagai macam penyakit akan dengan mudah menyerang tubuh anda. Orang yang obesitas memiliki resiko tinggi terkena bebagai macam penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, diabetes, asam urat, tekanan darah tinggi, kanker dan gagal jantung.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat bisa di kategorikan sebagai makanan yang tidak mengandung bahan pengawet kimia, bebas pemanis buatan dan pewarna buatan. Jangan terlalu sering memakan makanan berjenis junk food atau kalau bisa hindarilah makanan seperti ini. Junk food merupakan makanan yang rendah nutrisi dan juga kaya akan lemak yang sangat buruk dampaknya bila sering di makan.

3. Rutin Memakan Sayur dan Buah

Ketika makan, sebisa mungkin isi setengah piring anda dengan sayur dan buah. Sayur dan buah sangat baik bila di konsumsi setiap hari. Tubuh manusia membutuhkan kalsium, magnesium, kalium, zat besi, beta – karoten, vitamin B – kompleks, vitamin C, vitamin A , vitamin K dan itu semua bisa anda dapatkan dengan cara mengkonsumsi sayur dan buah.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih  memang terkenal sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Meskipun terlihat sepele, ternyata air putih mampu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga fungsi ginjal, mengontrol kalori, mencegah penuaan dini, meningkatkan fungsi otak dan melancarkan metabolisme dalam tubuh,

5. Membuat Jurnal Makanan

Mungkin tak banyak orang menerapkan cara ini dalam menjalankan pola makan sehat, namun tahukah anda bahwa membuat jurnal makanan ternyata sangat di sarankan oleh para ahli nutrisi. Dengan membuat jurnal makanan anda menjadi tahu apa-apa saja yang anda konsumsi. Dengan melihat jurnal tersebut anda bisa menganalisis dan menilai apakah asupan makanan melewati batas.

6. Jalani Detoks

Detoks merupakan proses pengeluaran toksin atau racun dari dalam tubuh. Untuk empat hingga lima hari, tingkatkanlah konsumsi buah dan sayuran sampai 25%. Anda dapat mengkonsumsi buah dan sayur dengan cara di buat menjadi salad buah dan sayuran, omelet, dan smoothies buah yang mengenyangkan. Kandungan serat tinggi bisa memicu metabolisme.

Beberapa buah yang sangat baik untuk proses detoks antara lain nanas, alpukat, buah bitt, buah cerry, tomat, jeruk bali. Saat melakukan detoks coba kurangi asupan alkohol, kopi, cemilan manis, dan produk olahan susu.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.