Friday 5 August 2016

Ini Penyebab Kentut Bau dan Cara Mencegah Kentut Berbau Busuk

Pojokshare.com- Pada kesempatan kali ini pojokshare.com akan berbagi artikel mengenai kentut. Meskipun terdengar seperti kurang kerjaan karena harus membahas masalah kentut, namun jangan salah bahwa di internet volume pencarian mengenai kata kunci "Kentut" terbilang cukup tinggi, terutama kata kunci mengenai penyebab kentut bau. Banyaknya pengguna internet yang mencari informasi mengenai masalah kentut ini penulis dapat dari beberapa tools khusus untuk menangkap kata kunci yang sering di cari di internet.
penyebab kentut bau
Pada dasarnya gas yang di hasilkan dari kentut memanglah bau dan ini tidak bisa di pungkiri lagi. Hanya saja tingkat bau dari gas yang di hasilkan pada saat kentut untuk setiap orang berbeda-beda. Ada seseorang dengan kentut yang memiliki tingkat bau yang sangat rendah bahkan ketika bercampur dengan udara bebas aroma yang dihasilkan kentut tak akan tercium lagi dan adapula seseorang dengan aroma kentut yang sangat bau, walaupun di ruang terbuka sekalipun tak membuat aroma kentut yang dihasilkan menjadi menghilang.

Yang menjadi pertanyaan mengapa kentut bau dan mengapa pula tingkat bau pada kentut setiap orang berbeda-beda ?

Kentut merupakan gas yang di hasikan dari proses metabolisme usus yang terdiri dari hidrogen sulfida, merkaptan dan karbondioksida. Setiap makanan yang di konsumsi setiap harinya akan menghasilkan kotoran di dalam usus. Selanjutnya dari kotoran ini usus akan menyaring gas lalu membuang gas tersebut keluar tubuh melalui kentut yang beraroma tidak sedap atau bau.

Tingkat aroma bau kentut pada setiap orang berbeda-beda bisa di sebabkan beberapa faktor antaralain: 

Asupan Makanan

Faktor pertama yang menyebabkan kentut bau adalah dari asupan makanan yang sering di konsumsi. Beberapa makanan tertentu yang jika di konsumsi dapat menyebabkan kentut menjadi bau adalah daging sapi, telur, umbi-umbian, brokoli. kacang-kacangan.

Terlalu Banyak Bakteri Pada Usus

Faktor kedua yang menyebabkan kentut menjadi lebih bau adalah adanya bakteri, khususnya bakteri yang menghasilkan senyawa yang terkandung pada kentut. Semakin banyak bakteri pada usus yang menghasilkan senyawa hidrogen sulfida, merkaptan dan karbondioksida maka semakin baulah kentut seseorang.

Infeksi Pada Usus

Jika seseorang selalu menghasilkan aroma bau kentut yang tidak sedap maka bisa jadi di dalam usus orang tersebut mengalami infeksi. Usus yang mengalami infeksi akan menghasilkan aroma kentut yang sangat busuk. Untuk itu bila mengalami kentut dengan bau yang sangat tidak sedap dan hal ini terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama ada baiknya memeriksakan keadaan usus ke dokter spesialis.

Buang Air Besar Yang Tidak Lancar

Buang air besar yang tidak lancar menjadi faktor penyebab kentut berbau busuk yang di alami banyak orang.Tidak lancarnya buang air besar membuat kotoran pada usus menumpuk dan semakin lama akan semakin berbau tidak sedap. Salah satu yang membuat seseorang susah buang air besar atau BAB di akibatkan dari kurangnya serat. Untuk itu mengkonsumsi banyak serat setiap harinya sangatlah di anjurkan. Bebebrapa makanan yang menjadi sumber serat adalah sayur-sayuran hijau dan aneka buah-buahan. Namun jika ingin praktis anda juga dapat mengkonsumsi serat melalui minuman yang banyak di jual di pasaran.

Lalu bagaimana mencegah ataupun menghilangkan kentut berbau busuk ?

Untuk menghilangkan kentut bau dapat di lakukan dengan mengatur asupan makanan, Hindari atau kurangi makanan yang dapat membuat kentut menjadi bau seperti telur, brokoli dan kacang-kacangan. Konsumsilah banyak serat karena serat sangat baik bagi perkembangan usus. Minumlah teh herbal sebagai upaya untuk mengurangi terbentuknya gas di usus. Dan terkahir hal yang dapat di lakukan untuk mencegah agar kentut tidak berbau busuk adalah dengan rutin berolahraga karena olahraga dapat menurunkan chronic intestinal gas atau kentut yang berlebihan yang menjadikan kentut berbau busuk.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.