Wednesday 27 July 2016

Cara Mengatasi Insomnia, Penyakit Susah Tidur Yang Bikin Mata Melek Sepanjang Malam

Pojokshare.com- Insomnia adalah penyakit tidak bisa tidur atau suatu gangguan yang menyebabkan seseorang susah tidur di malam hari. Orang yang mengalami insomnia biasanya sulit memejamkan mata untuk tidur cepat dan biasanya akan terjaga hingga tengah malam bahkan menjelang pagi. Gangguan insomnia memiliki efek negatif karena dapat membuat penderitanya mau tidak mau harus bergandang semalam suntuk, terlebih bagi orang-orang yang memiliki aktivitas di pagi hari seperti kuliah ataupun kerja tentu ini sangat merugikan.
cara menyembuhkan insomnia
Insomnia dapat menyerang siapa saja baik pria maupun wanita. Jumlah penderita insomnia di dunia ini sangatlah tinggi dan hal ini dapat dilihat dari banyak pencarian di internet mengenai cara mengobati insomnia, cara menyembuhkan insomnia, cara mengatasi susah tidur, obat susah tidur, cara cepat tidur dan beberapa kata kunci lain yang berhubungan dengan insomnia.

Adapun penyebab insomnia pada umumnya dikarenakan dari gaya hidup yang salah, tingkat stres yang tinggi, faktor psikologis, faktor lingkungan dan efek samping dari obat-obatan. Insomnia dapat menyebabkan sesuatu yang buruk pada tubuh jika di biarkan berlarut-larut, Untuk itu sudah selayaknya penyakit insomnia secepat mungkin di sembuhkan sehingga seseorang yang mengalami insomnia dapat menjalankan aktivitas tidur secara normal.

Berikut  beberapa cara mengatasi Insomnia bagi anda yang mengalami kesulitan tidur :

1. Olah Raga Teratur

Cara pertama yang dapat di lakukan untuk mengatasi insomnia adalah dengan berolahraga secara teratur. Cara menghilangkan insomnia dengan berolahraga merupakan cara jitu yang membuat anda dapat tidur cepat di malam hari. Olahraga membuat kesehatan tubuh menjadi lebih baik dan selain itu sehabis olahraga biasanya tubuh akan merasa lebih lelah dan butuh istirahat, hal inilah yang dapat membuat seseorang cepat terlelap di malam hari. Olahraga berat seperti futsal, sepak bola dan lari dengan jarak yang cukup jauh sangat di anjurkan untuk menghilangkan penyakit insomnia karena beberapa olahraga ini membutuhkan banyak energi yang dapat membuat anda nyenyak tidur di malam hari.

2. Hindari Kopi dan Minuman Beralkohol

Bagi anda penderita insomnia sebisa mungkin untuk tidak mengkonsumsi kedua hal ini agar anda tidak mengalami masalah dengan sulitnya tidur cepat. Kopi dan minuman beralkohol mengandung beberapa zat yang membuat mata selalu melek sehingga sulit untuk tidur. 

3. Menata Kamar Menjadi Lebih Nyaman

Kondisi kamar dapat menjadi penentu sulit atau tidaknya seseorang untuk tidur. Semakin baik kondisi sebuah kamar tentu semakin nyaman digunakan untuk tidur. Untuk itu tatalah sebaik mungkin ruangan kamar sehingga anda betah selalu berada di sana. Semprotkan juga wangi-wangian segar agar kamar terasa lebih fresh. Dan jika memiliki uang lebih ada baiknya pasanglah AC agar suhu udara di dalam kamar menjadi semakin sejuk.

4. Mandi 1 Jam atau 30 Menit Sebelum Tidur

Tips selanjutnya agar anda bisa cepat tidur di malam hari adalah dengan mandi sebelum tidur. Anda selama ini mungkin berpikir bahwa mandi sebelum tidur justru membuat rasa kantuk menjadi hilang. Namun mulai saat ini buanglah anggapan terseubt karena pada kenyataannya mandi 1 jam atau 30 menit sebelum tidur akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman ketika rebahan di tempat tidur. Efeknya anda akan mudah terlelap dan menjadi cepat tidur. Bila tidak percaya cobalah sesekali mandi terlebih dahulu sebelum tidur dan rasakan tubuh menjadi lebih nyaman ketika berbaring di tempat tidur.

5. Matikan Lampu Saat Tidur

Salah satu cara agar mata cepat terpejam saat tidur malam adalah dengan mematikan lampu kamar. Hal sepele ini terbukti ampuh membuat seseorang menjadi lebih cepat tidur dan ini telah di buktikan oleh banyak penderita insomnia. Bila anda terbiasa tidur dengan di temani cahaya lampu, maka kedepannya cobalah untuk merubah kebiasaan tersebut. Tidur dalam keadaan gelap membuat anda lebih cepat terlelap.

6. Lakukan Sesuatu Yang Membuat Anda Mengantuk

Salah satu satu cara membuat mata mengantuk adalah dengan memancing rasa kantuk itu sendiri dengan beberapa kegiatan yang dapat membuat ngantuk. Salah satu kegiatan yang dapat memancing kantuk adalah membaca. Untuk sebagian orang melakukan kegiatan membaca buku pelajaran, komik, dan beberapa jenis bacaan lain di malam hari dapat membuat mata lelah dan berujung mengantuk. Bagi anda penderita insomnia yang ingin cepat tidur mungkin cara ini dapat anda coba, mungkin saja cara sederhana ini cocok dan berhasil memancing rasa ngantuk yang berujung pada tidur.

7. Hindari Diri Dari Kebiasaan Bermain Gadget ataupun Smartphone Menjelang Tidur

Salah satu kebiasaan yang banyak di lakukan para penderita insomnia pada saat ini adalah bermain smartphone sebelum tidur. Kebiasaan ini justru membuat kondisi kesulitan tidur akan semakin parah. Untuk itu sebisa mungkin menjauhkan smartphone dari diri anda ketika hendak tidur atau langkah terbaik matikan smartphone anda bila telah memasuki jam tidur.

Selain cara-cara diatas, ada cara lain yang dapat anda lakukan untuk menyembuhkan insomnia yakni dengan menggunakan obat alami insomnia atau obat herbal insomnia. Berikut beberapa obat alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi susah tidur malam hari :

Obat Insomnia Menggunakan Teh Pala 

Ramuan obat alami insomnia yang pertama adalah dengan menggunakan teh pala yang di campur madu. Sediakan satu buah pala tumbuk hingga halus, selanjutnya seduhlah dengan air panas. jangan lupa mencampurkan 1 atau 2 sendok madu agar rasa teh pala lebih nikmat dan enak untuk di minum.

Obat Insomnia Menggunakan Kangkung

Seperti di ketahui kangkung memiliki senyawa yang mampu membuat seseorang yang memakannya akan sedikit merasa mengantuk. Karena kemampuannya yang dapat membuat mengantuk maka kangkung sangat baik di konsumsi oleh penderita insomnia. Dengan mengkonsumsi kangkung di harapkan mempermudah tidur bagi para penderita insomnia.

Obat Insomnia Menggunakan Daun Putri Malu

Pada daun putri malu terkandung zat yang mampu membuat seseorang menjadi mengantuk dan ini sangat cocok di gunakan untuk anda yang menderita kesulitan tidur. Cara menjadikan daun putri malu sebagai obat insomnia adalah dengan merebus beberapa helai daun putri malu kedalam 2 gelas air. Rebuslah daun tersebut beberapa menit hingga air yang tadinya 2 gelas menjadi tinggal 1 gelas. Selanjutnya minumlah air rebusan daun putri malu sebagai obat alami untuk insomnia. Sebagai catatan jangan terlalu sering mengkonsumsi air rebusan daun ini karena dapat berakibat buruk terutama bagi ibu hamil.

Menghilangkan Insomnia Dengan Susu Coklat

Bila anda penderita insomnia maka cobalah untuk meminum susu coklat sebelum tidur. Menurut beberapa peneliti, meminum susu coklat dapat membuat perasaan rileks dan nyaman sehingga memudahkan proses tidur di malam hari.

Sekian artikel mengenai cara mengatasi insomnia, bila setelah melakukan beberapa hal diatas ternyata insomnia tak kunjung hilang, ada baiknya gangguan ini anda konsultasikan dengan dokter agar dapat di tindaki lebih lanjut.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.