Friday 1 December 2023

10 Rekomendasi Makanan Khas Bali dengan Cita Rasa yang Lezat dan Unik Secara Penampilan

Pulau Bali selain menawarkan pesona luar biasa tentang keindahannya, juga terkenal akan kulinernya yang enak. Kurang lengkap rasanya jika pergi ke Bali tanpa mencicipi makanan khas Bali yang punya penampilan istimewa tersebut.Berkat kepopuleran makanan yang menjadi ciri khas Bali ini, kini juga Sobat temukan di berbagai wilayah lainnya. Makanan Bali tentunya tidak terlepas dari sentuhan rempah-rempah khas Indonesia. Buat Sobat yang berencana liburan ke Bali jangan lupa mampir untuk menikmati kuliner Bali ya.

Jajaran makanan Bali tersebut pastinya akan memanjakan lidah dan perut Sobat. Jadi, jangan sampai melewatkan hidangan Bali yang tidak ada duanya ini ya. Bahkan, Sobat bisa lho membawa salah satu makanan Bali ini sebagai oleh-oleh.

Makanan Bali ternyata tidak hanya menjadi favorit wisatawan lokal saja, namun sukses menyita perhatian wisatawan asing. Apalagi harga setiap makanan Bali tidak terlalu mahal dan terjangkau. Pantas saja pesona Bali sangat mendunia dan menjadi salah satu aset pariwisata terbaik yang ada di Indonesia.

Jenis-Jenis Makanan Khas Bali yang Fenomenal dan Sayang Untuk dilewatkan

Berikut ini akan disajikan beberapa menu makanan yang berasal dari Bali untuk Sobat semua. Pastikan, Sobat membaca informasinya dengan baik ya! Yuk, langsung saja cek satu persatu makanan yang menjadi ikonik ketika Sobat berwisata ke Bali di bawah ini! Jangan sampai terlewatkan karena makanan Bali yang punya kesan eksotik ini sukses membuat perut Sobat jadi merasa lapar lho.

Pie Susu Bali

Makanan Khas Bali Pie Susu
Makanan Khas Bali Pie Susu 

Bali sangat terkenal dengan cemilannya yaitu pie susu. Makanan yang satu ini punya rasa yang manis. Bentuknya juga terbilang unik dan cantik. Tidak heran, jika cemilan Bali tersebut sering dijadikan sebagai buah tangan bagi para wisatawan. Tekstur cemilan ini sangat renyah ketika dikonsumsi. Biasanya, pie susu Bali ini juga ada yang polos saja dan dilengkapi dengan topping keju, kacang, coklat, almond, dan lain-lain.

Laklak Bali

Makanan Khas Bali Laklak Bali
Makanan Khas Bali Laklak Bali 

Jajanan khas Bali berikutnya yaitu kue serabi atau disebut dengan laklak. Rasanya manis dan gurih karena terdapat gula merah cair yang menyatu dengan kelapa parut. Tekstur adonannya lebih lembut dan terbuat dari tepung beras. Pastinya, laklak ini sangat lumer sekali di lidah ketika dikonsumsi ya Sobat. Laklak Bali ini sangat cocok untuk Sobat yang menyukai berbagai cemilan dengan rasa manis seperti ini.

Sate Lilit Bali

Makanan Khas Bali Sate Lilit Bali
Makanan Khas Bali Sate Lilit Bali 

Sate lilit Bali ini sangat unik karena dililitkan pada bambu, tebu, atau serai sebagai tangkainya. Biasanya, daging yang digunakan meliputi ikan tenggiri, daging sapi, daging ayam, dan daging babi. Bumbu untuk membuat sate lilit Bali yaitu merica, jeruk nipis, santan, bawang merah, dan parutan kelapa. Soal rasa, sudah pasti mantap sekali dan aroma yang dihasilkan lebih harum berkat rempah-rempah di dalamnya.

Nasi Campur Bali

Makanan Khas Bali Nasi Campur Bali
Makanan Khas Bali Nasi Campur Bali 

Nasi campur Bali ini hadir dengan cita rasa yang sangat istimewa di lidah. Dalam satu porsi nasi terdiri atas sayuran, sambal, daging, telur, lawar, sate lilit, dan lain-lain. Tentunya, hidangan nasi campur Bali ini sangat lengkap untuk kategori menu makanan 4 sehat 5 sempurna ya. Wah, melihat tampilan dari nasi campur Bali ini siapa sih yang tidak tergoda untuk mengkonsumsinya dengan segera?

Rujak Bulung Boni

Makanan Khas Bali Rujak Bulung Boni
Makanan Khas Bali Rujak Bulung Boni 

Rujak bulung boni merupakan salah satu makanan khas Bali yang sangat estetik penampilannya. Rujak yang satu ini dibuat dari rumput laut yang masih segar. Rujak bulung boni biasanya sering dikonsumsi bersamaan dengan siraman kuah pindang. Cita rasa yang tercipta dari makanan ini yaitu asin, gurih, dan segar tentunya. Sobat pastinya tidak akan menemukan rujak bulung boni ini di lain tempat selain Bali lho.

Nasi Jinggo

Makanan Khas Bali Nasi Jinggo
Makanan Khas Bali Nasi Jinggo

Nasi jinggo khas Bali ini sepintas mirip dengan nasi kucing yang ada di Pulau Jawa. Isian dari nasi jinggo yang ada di Bali antara lain telur, ayam suwir, dan aneka jenis lauk-pauk lainnya. Harganya murah meriah lho, untuk satu porsinya saja hanya Rp5.000. Sudah enak terjangkau pula, pastinya bakalan jadi favorit ya Sobat! Nasi jinggo dengan porsi yang sedang ini terasa sangat pas dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi.

Sambal Matah

Makanan Khas Bali Sambal Matah
Makanan Khas Bali Sambal Matah 

Sobat bisa mencicipi rasa sambal matah ala Bali yang sangat segar, pedas, dan pastinya menggugah selera.  Prose pembuatannya juga unik yaitu hanya diiris saja lho untuk setiap bahannya. Adapun bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat sambal matah meliputi daun jeruk, serai, bawang merah, dan cabai rawit merah. Sambal matah sangat cocok dihidangkan bersamaan dengan nasi hangat dan lauk lainnya.

Lawar Bali

Makanan Khas Bali Lawar Bali
Makanan Khas Bali Lawar Bali 

Makanan Bali yang perlu Sobat cicipi selanjutnya adalah lawar. Makanan ini dilengkapi dengan rempah khas Bali, irisan beberapa sayuran, dan parutan kelapa. Biasanya, lawar tersebut dikonsumsi bersamaan dengan sate lilit dan nasi campur. Lawar juga menjadi salah satu lauk yang wajib ada lho di Bali. Lewat tampilannya saja, bisa dipastikan jika Sobat jadi selera makan bukan?

Ayam Betutu Bali

Makanan Khas Bali Ayam Betutu
Makanan Khas Bali Ayam Betutu 

Ayam betutu adalah makanan Bali yang begitu populer. Keistimewaan dari ayam betutu yaitu menggunakan bumbu berupa base genep. Kemudian, cara penyajiannya juga sangat unik yaitu terdapat daun singkong yang dimasukkan ke dalam perut ayam setelah dibumbui dengan base genep. Rasanya sungguh istimewa dan sangat direkomendasikan sebagai menu makan siang ketika Sobat berada di Bali.

Bebek Timbungan

Makanan Khas Bali Bebek Timbungan
Makanan Khas Bali Bebek Timbungan 

Bebek timbungan merupakan makanan khas Bali yang terbuat dari olahan bebek. Makanan ini termasuk hidangan kuno khas kerajaan Bali dan menjadi kuliner tertua yang ada di Bali. Proses memasak bebek timbungan ini memakan waktu yang lama yaitu 12 jam. Alhasil, akan diperoleh tekstur yang sangat lembut dan rempah-rempahnya sangat meresap dengan baik pada bebek timbungan tersebut.

Penutup

Demikianlah penjelasan menarik mengenai olahan makanan khas Bali yang berhasil Sobat eksplorasi. Sobat bisa menikmati beraneka ragam makanan Bali ini sambil menikmati indahnya panorama alam yang ada di sana ya. Dari sepuluh makanan dari Bali tersebut, mana nih yang menjadi favorit Sobat? Jika Sobat main-main ke Bali jangan lupa meluangkan waktu untuk kulineran di Bali ya!

Baca Juga : Cara Merawat Kain Batik Agar Tidak Luntur




0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.