Thursday 18 June 2015

Menghilangkan bau mulut

Pojokshare.com- Bau mulut merupakan suatu kondisi di mana rongga mulut mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Bau mulut disebabkan banyak hal namun faktor utamanya adalah kurangnya kesadaran dalam menjaga kebersihan mulut. Pada akhirnya kondisi ini membuat seseorang menjadi kurang percaya diri ketika harus berbicara terlebih jarak antara lawan bicara sangat dekat.


Berikut Beberapa Penyebab Bau Mulut
  1. Berkembangnya bakteri akibat tidak runtin menjaga kebersihan mulut.
  2. Mulut kering karena tidak ada aktivitas makan dan minum, misalnya di saat puasa. Pada saat puasa bakteri dapat berkembang dengan sangat cepat hal ini disebabkan karena saat berpuasa produksi saliva dalam mulut berkurang.
  3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung bau sangat kuat seperti jengkol dan pete.
  4. Adanya penyakit maag.
  5. Adanya penyakit diabetes.
Beberapa cara untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut :
  • Sikat gigi secara teratur dan pergunakan sikat gigi yang masih layak untuk di gunakan. Sikat gigi dengan bulu-bulu sikat tidak sempurna dan tidak layak pakai dapat menyebabkan tertinggalnya sisa-sisa makanan pada celah gigi, sehingga sisa-sisa kotoran yang tinggal membuat bakteri dapat cepat berkembang
  • Sikat lidah secara teratur, selain rongga-rongga gigi, lidah merupakan tempat yang di sukai bakteri di dalam mulut. Untuk itu ketika menyikat gigi, jangan lupa untuk menyikat lidah bagian atas.
  • Berkumur menggunakan obat kumur, berkumurlah menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi. Salah satu obat kumur terbaik adalah listerine. Cara ini terbilang ampuh dan praktis serta membuat mulut segar karena berasal dari efek mint.
  • Perbanyak meminum air putih.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan bau kurang sedap seperti pete dan jengkol.
  • Saat bulan puasa, kurangilah aktivitas merokok dikala buka dan sahur. terlalu banyak merokok merupakan salah satu penyebab bau mulut bagi orang yang berpuasa.
  • Minumlah teh hijau, alangkah baiknya teh hijau tanpa campuran gula sedikitpun.
  • Mengkonsumsi klorofil, bisa bersumber dari sayur-sayuran hijau ataupun bersumber dari cairan olahan yang biasa di jual di apotek-apotek.
  • Mengkonsumsi buah-buahan seperti lemon, apel dan stroberi

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.