Tuesday 27 October 2015

Memanfaatkan Smartphone Menjadi Wifi Portable Pengganti Modem

Pojokshare.com- Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, berdampak pula pada semakin mudahnya setiap individu dalam mengakses internet melalui berbagai perangkat. Dan salah satu cara mengakses internet yang populer saat ini adalah melalui media wifi atau hotspot. Berbeda dengan dahulu, maka saat ini pembuatan wifi atau hotspot portable lebih mudah dan simpel.

Kemudahan dalam membuat wifi atau hotspot portable ini tak terlepas dari semakin berkembangnya perangkat smartphone, khususnya yang bersistem operasi Android. Coba bandingkan dengan dahulu disaat smartphone belum merajai pasaran handphone. Dahulu membuat wifi portable sangatlah rumit. Dibutuhkan modem dan pengaturan-pengaturan yang di yakini tak semua orang mampu melakukannya, terutama bagi orang-orang yang gagap teknologi. Hadirnya smartphone dengan fasilitas wifi portable tentu sangat membantu banyak pengguna intenet, apalagi saat ini smartphone bukan lagi barang mewah dan hampir semua orang telah memilikinya.

Membuat wifi portable menggunakan smartphone sangatlah mudah karena pada smartphone khususnya OS Android telah tersedia fasilitas "Tethering and Mobile Hotspot" Hanya dengan beberapa kali klik maka sinyal wifi terpancar dan langsung dapat di pergunakan. Adapun cara membuat wifi portable menggunakan smartphone android adalah sebagai berikut:

Bahan-Bahan :
  1. Smartphone Android
  2. Paket Internet (telkomsel, three, indosat, dll)
Proses Pembuatan Wifi/hotspot Portable :

1. Pilih "Pengaturan"
2. Pilih "Penambatan dan Hotspot" atau dalam bahasa inggris  "Tethering and Mobile Hotspot"


3. Pilih "Hotspot Seluler"


4. Aktifkan tombol "Hotspot Seluler"
5. Tombol "hotspot seluler" telah aktif dengan di tandai tombol berubah menjadi berwarna hijau


7. Pilih "Konfigurasi Hotspot" 
8. Isikan "SSID Jaringan" dengan nama yang di inginkan dan isikan "Password" minimal 8 digit.

Terakhir klik "Simpan" dan kini wifi atau hotspot portable siap digunakan.

Untuk mencoba hotspot portable silahkan gunakan perangkat lain seperti komputer, laptop ataupun smartphone lainnya. Pilihlah nama hotspot yang telah anda buat dan isikan password. Bila berhasil maka perangkat anda akan tersambung ke internet.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.