Monday 2 November 2015

Gejala Keracunan Makanan dan Cara Mengatasinya

Pojokshare.com- Keracunan makanan merupakan suatu kondisi di mana tubuh mengalami gangguan yang di akibatkan karena mengkonsumsi makanan tidak sehat yang mengandung bakteri, jamur, parasit, virus ataupun makanan yang telah melewati masa layak konsumsi atau  kadaluarsa. Keracunan dapat di alami siapa saja terutama bagi orang-orang yang tidak begitu peduli terhadap kondisi kelayakan makanan. Pada saat mengalami keracunan makanan maka tubuh akan mengalami fase drop bahkan pada kondisi terburuk seseorang dapat tidak sadarkan diri akibat tubuh yang lemas dan tidak bertenaga
Penyebab Keracunan Makanan

Faktor utama penyebab keracunan makanan tentunya mengkonsumsi makanan yang tidak layak konsumsi. Berikut kriteria makanan yang tidak layak konsumsi :
  1. Mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri dan virus
  2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia seperti sayur-sayuran berpestisida ataupun sejenisnya.
  3. Mengkonsumsi makanan yang telah kadaluarsa.
  4. Mengkonsumsi makanan rusak dan berjamur.
  5. Mengkonsumsi tumbuhan beracun
Gejala Keracunan Makanan

Seperti halnya dengan beberapa gangguan tubuh lainnya, maka keracunan makanan juga memiliki gejala awal  atau ciri ciri.  Berikut beberapa gejala atau ciri ciri keracunan makanan yang harus anda ketahui :
  1. Perut akan terasa kencang dan kram
  2. Berkeringat, pusing, mual dan muntah
  3. Muka terlihat pucat
  4. korban keracunan makanan juga akan mengalami diare dan buang air besar berulang-ulang
  5. Tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga.
 Cara Mengobati Keracunan Makanan

Cara terbaik  untuk mengobati kasus keracunan makanan adalah melalui proses tindakan medis yang diberikan puskesmas ataupun rumah sakit. Namun pada saat awal keracunan terjadi, tentu tidak semua korban keracunan dapat langsung ditangani secara medis yang di akibatkan banyak faktor seperti jarak rumah sakit yang terlalu jauh ataupun sulitnya akses ke rumah sakit. 
Bila sudah seperti ini maka perlu adanya penanganan ataupun pertolongan pertama pada korban keracunan agar kondisinya tidak semakin memburuk. Berikut cara mengobati keracunan makanan yang dapat anda terapkan ke pada korban keracunan makanan.
  • Perbanyaklah meminum air putih.
  • Korban keracunan biasanya mengalami muntah dan diare sehingga tubuh akan dehidrasi, untuk itu berikan oralit atau campuran air putih, gula dan garam sebagai pengganti cairan tubuh.
  • Berikan susu murni seperti susu beruang (bear brand) ataupun sejenisnya untuk mengikat racun pada lambung.
  • Selain susu, anda juga dapat memberi air kelapa murni sebagai minuman  penawar racun.
  • Minuman lainnya yang dapat menjadi penawar racun adalah teh hijau. Untuk itu anda dapat menjadikannya teh hijau sebagai alternatif.
  • Bila kondisi penderita semakin memburuk, segeralah bawa kerumah sakit untuk mendapatkan tindakan medis yang lebih maksimal.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.