Monday 9 November 2015

Cara Agar Suara Tetap Merdu, Indah dan Bernada Tinggi

Pojokshare.com- Memiliki suara merdu tentu menjadi dambaan bagi setiap orang, terlebih lagi bila gemar bernyayi dan memiliki angan-angan besar untuk menjadi penyanyi profesional maka suaru merdu merupakan modal awal yang harus di persiapkan. Suara merdu tidak semerta merta hadir dengan sendirinya melainkan melalui proses latihan keras, terkecuali anda memang memiliki keturunan orang tua yang memiliki suara merdu dan bakat menyanyi yang luar biasa.

Banyak penyanyi hebat merupakan keturunan yang gemar bernyanyi dan memiliki bakat  dalam bidang tarik suara. Namun bagi anda yang tidak memiliki garis keturunan semacam ini maka anda tak perlu khawatir karena sebenarnya untuk menjadikan suara merdu dapat melalui latihan-latihan tehnik vokal dan pengaturan pernafasan secara rutin.

Beberapa Penyebab Kualitas Suara Menjadi Buruk
  1. Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar minyak yang tinggi seperti gorengan.
  2. Seringnya mengkonsumsi santan
  3. Sedikit minum air putih
  4. Terlalu banyak lendir di tenggorokan
  5. Nafas yang pendek 
  6. Minum es yang terlalu sering setiap harinya
Berikut Beberapa Cara Latihan Agar Suara Tetap Merdu, Indah dan Bernada Tinggi :

Latihan Pernafasan :
  • Tariklah nafas, hitung hingga lamanya 5 detik
  • Tahan nafas anda selama 5 detik.
  • Keluarkan nafas pelan-pelan melalui mulut. Atur pengeluaran nafas sebaik mungkin sampai hitungan ke-5 detik. Agar pengeluaran nafas bisa sehemat mungkin, sebaiknya mulut di buka sedikit saja jangan terlalu lebar.
  • Berikutnya, ulangi latihan ”tarik, tahan dan keluarkan” nafas dengan penambahan durasi lamanya waktu secara bertahap. Misalkan, dengan penambahan per 5 detik, menjadi 10, 15, 20, 25 dan seterusnya.
  • Lakukan ini secara rutin agar pernafasan menjadi lebih baik dan panjang.
Latihan Agar Dapat Bernyanyi Nada Tinggi :

Untuk membuat kualitas vokal semakin baik dan bernada tinggi maka perlu latihan bernyayi secara rutin agar vita suara menjadi terbiasa dengan nada-nada tinggi. Jarang berlatih vokal justru membuat vita suara menjadi melempem.

Bermain di nada tinggi maka yang terlintas di dalam pikiran adalah mengenai penggunaan nafas yang panjang. Namun bagaimana untuk anda yang tidak memiliki nafas super panjang??, jawabannya adalah dengan memanage pernafasan. Memanage pernafasan erat kaitannya dengan pemenggalan setiap kalimat yang di ucapkan. Untuk itu pandai-pandailah melakukan pemenggalan setiap kalimat yang di ucapkan sehingga ada jeda untuk mengambil nafas dan melanjutkan kalimat-kalimat selanjutnya.

Bagi anda yang tidak dapat menyanyikan suatu kalimat dengan satu nafas, maka pemenggalan ini sangat berguna bagi anda untuk melakukan pengambilan nafas dan melanjutkan ke kata berikutnya sehingga anda tidak terlihat dan terdengar ngos-ngosan ketika bernyanyi.

Adapun metode sederhana latihan  yang dapat di lakukan di rumah adalah sebagai berikut:
  • Sebelum berlatih bernyanyi dengan nada tinggi ada baiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu sehingga vita suara nantinya tidak melempem. Lakukan pemanasan sederhana dengan nyanyikan bunyi "a..aaa...aaaa...aaaaa...aaaaaaaaaaaa" dengan nada tinggi, atau Bunyi "Maaa Meee Miii Mooo Muuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu" semakin panjang semakin baik.
  • Lakukanlah pemanasan ini berulang-ulang setiap harinya sebelum anda bernyanyi.
  • Lakukan metode latihan yang dinamakan dengan "ban kempes". Metode ini dimulai dengan menarik nafas sedalam-dalamnya dan sebanyak-banyaknya, lalu lepaskan sedikit demi sedikit secara datar layaknya ban kempes. Usahakan waktu mengeluarkan nafas ini, udara yang keluar benar-benar sedikit. Semakin lama rentang waktu yang di perlukan untuk menghabiskan nafas ini maka semakin baik. Minimal di angka 40 detik barulah semua udara yang di hirup tadi habis di keluarkan.
  • Cobalah untuk menyanyikan lagu-lagu dengan nada tinggi, sebagai contoh beberapa lagu judika yang terkenal dengan nada tinggi. Lakukan berulang-ulang sehingga anda terbiasa dengan lagu nada tinggi.
  • Latihan nada tinggi terkadang membuat suara menjadi serak dan terasa mau habis. Untuk itu  jangan paksakan terus bernyanyi jika merasa telah lelah. Memaksakan terus bernyanyi dan berlatih nada tinggi ketika suara telah serak justru dapat berakibat buruk bagi vita suara.
Ramuan Alami Agar Suara Merdu

Selain melakukan latihan pernafasan dan olah vokal untuk membuat suara menjadi merdu, ada baiknya juga anda mencoba ramuan alami yang dapat membuat suara menjadi lebih baik. Adapun ramuan alami yang di percaya dapat membuat suara menjadi lebih merdu adalah :

Bahan-Bahan :
  1. Jeruk nipis 1 buah
  2. Madu 1 sendok makan
  3. Kapur sirih (ambil kira-kira sebesar biji jagung)
  4. Garam secukupnya
  5. Air 2 sendok makan
 Proses Pembuatan :
  •  Peras jeruk nipis hingga mengeluarkan air
  • Campurkan air jeruk nipis dengan madu, kapur sirih, garam dan air
  • Aduk hingga rata
  • Minumlah secara rutin 2 kali seminggu.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.