Friday 20 November 2015

Tips Memilih Modem USB Untuk Keperluan Internet Sehari-hari

Pojokshare.com- Volume penggunaan internet di indonesia saat ini mengalami tren peningkatan. Hal ini terbukti dengan menanjaknya angka jumlah pengguna yang mengakses internet setiap harinya. Banyak faktor yang menyebabkan perkembangan internet saat ini dan salah satunya adalah kemudahan akses.

Modem merupakan salah satu komponen yang mempermudah setiap pengguna untuk terhubung ke internet. Hanya dengan bermodalkan perangkat komputer/laptop dan 1 buah modem plus kartu dengan kuota internet maka setiap orang sudah dapat merayapi luasnya dunia maya.
Berbeda dengan beberapa tahun lalu, saat ini modem sangat mudah untuk di dapat dan tentunya dengan hargan yang cukup  terjangkau. Dengan bermodalkan uang minimal Rp 170.000 anda sudah dapat memiliki modem dengan kualitas baik.

Bagi anda yang berniat untuk membeli modem USB untuk keperluan internet sehari-hari, maka simak tips memilih dan membeli modem berikut : 

1. Ada Baiknya Pilihlah Modem jenis GSM dan bukan CDMA

Dengan memilih modem jenis GSM maka anda dapat berganti-ganti jenis kartu seperti Telkomsel, Three, indosat dan lain-lain tergantung harga mana yang dianggap murah dan memiliki kecepatan tinggi di lokasi tempat tinggal anda. Bila memilih modem CDMA maka kartu dapat di gunakan hanya 1 jenis saja. Dan kalaupun mau memaksakan menggunakan kartu lain maka harus melalui proses unlock. Yang jadi masalah, proses unlock terkadang mengalami kegagalan yang berujung pada rusaknya modem. Untuk mengetahui jenis modem apakah GSM atau CDMA biasanya tertera pada kotak pembungkus modem atau tanyakan langsung kepada penjual. 

2. Kecepatan Akses

Setiap modem memiliki kemampuan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Untuk itu ketika memilih modem, maka pilihlah modem yang memiliki kecepatan minimal support 7,2 mbps. Dan apabila dapat membeli dengan kecepatan diatas 7,2 mbps tentu akan lebih baik. Untuk mengetahui kecepatan modem biasanya tertera pada kotak atau kemasan modem.  

3. Mendukung Banyak Jenis dan Versi Sistem Operasi

Sebelum memilih dan membeli modem ada baiknya perhatikan apakah modem mendukung berbagai jenis dan versi sistem operasi seperti Windows ( win xp, win 7, win 8 dan win 10), Linux, dan macintosh. Atau anda dapat memilih sesuai dengan sistem operasi yang saat ini anda gunakan saja.

4. Modem Minimal Telah Support Layanan HSDPA

HSDPA merupakan singkatan dari High-Speed Downlink Packet Access, dimana jenis layanan ini merupakan pengembangan dari jaringan 3G. Layanan HSDPA memiliki kecepatan yang jauh lebih baik dari kecepatan 3G pada umumnya yaitu 9 kali lebih cepat. Dengan memilih modem yang support HSDPA tentu dapat memberikan pengalaman akses internet yang lebih baik bagi anda.

5. Adanya fasilitas Tambahan

Dibeberapa modem di lengkapi dengan fasilitas tambahan sepeti adanya Slot Mikro-SD Card dan Fitur Wireless LAN (Wifi). Dengan fasilitas tambahan tersebut tentu membuat modem menjadi memiliki beberapa fungsi. Dengan Slot Mikro-SD maka pengguna dapat memasukan kartu memori handphone dan menghubungkannya ke komputer/laptop, sehingga bila ingin mengcopykan data dari handphone ke komputer ataupun sebaliknya menjadi lebih mudah.

6. Garansi

Adanya garansi pada modem tentu sangat bermanfaat bagi para konsumen karena seperti diketahui bahwa modem terkadang rawan mengalami kerusakan.  Dengan adanya garansi, tentu ada peluang modem kembali dapat di perbaiki ataupun di ganti baru tanpa mengeluarkan sepeser uangpun.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.