Saturday 21 November 2015

Cara Belanja Online Mudah dan Aman

Pojokshare.com- Tak dipungkiri saat ini aktivitas belanja online semakin marak dan menjadi trends dikalangan masyarakat. Belanja online di pilih karena memiliki keistimewaan yaitu seseorang dapat menemukan dan membeli barang-barang apa saja yang mungkin tidak ditemukan di daerah tempat tinggalnya. Selain itu harga yang di tawarkan secara online terkadang lebih murah bila dibandingkan membeli secara langsung di pasaran.
Meskipun belanja secara online semakin marak, namun tetap saja ada sebagian orang yang belum mengerti mengenai cara belanja online. Berikut tips cara belanja online mudah dan aman :

Tentukan Toko Online 
 
Tentukan terlebih dahulu toko online mana yang akan anda jadikan sebagai tempat belanja. Pastikan bahwa website toko online asli dan bukan abal-abal, hal ini penting agar anda tidak tertipu dan mengalami kerugian. Perhatikan harga barang-barang apakah normal dan bersaing dengan harga toko online lain, bila tidak maka hal ini patut di curigai. 

Sebagai contoh perbedaan harga jual barang yang patut di curigai adalah: di Toko A Rp 10.000, Toko B Rp 9.500 dan Toko C Rp 4.300.

Pada toko C terdapat perbedaan harga yang sangat mencolok. Secara logika mana mungkin barang sama dan kualitas yang sama di jual dengan perbedaan harga yang begitu jauh. Banyak pembeli yang tertipu akibat tergiur harga yang sangat murah.

Perhatikan juga testimoni atau komentar pengunjung lain tentang pelayanan toko online tersebut apakah baik dan dapat di percaya.

Pengecekan ini sangat penting adanya, terkecuali toko online sudah memiliki nama besar dan terpercaya seperti Lazada, bli-bli, tokopedia, maka untuk beberapa toko online besar seperti ini anda tidak perlu khawatir akan tertipu.

Pilih Barang Yang Ingin Di Beli

Setelah website toko online di pastikan aman dan dapat di percaya maka langkah selanjutnya adalah memilih barang yang ingin dibeli. Saat memilih dan menentukan barang yang ingin dibeli harap perhatikan secara teliti mengenai ukuran barang, warna, kelengkapan, ukuran, stok dan lain-lain. Sembari menentukan barang yang dipilih ada baiknya menghubungi CS toko online melalui chat atau no handphone yang tertera pada website toko online. Dengan bertanya seperti itu maka anda akan lebih mengetahui detail barang.

Sebagai catatan : sebagian toko online mengharuskan pembelinya untuk mendaftar terlebih dahulu. Untuk itu silahkan mendaftar dengan mengklik tombol daftar yang tersedia. Biasanya saat pendaftaran anda diminta untuk mengisi data seperti nama, alamat, no HP, dll.
Pada website toko online pasti tercantum tentang tata cara membeli barang di tokonya, untuk itu anda dapat mempelajarinya lebih lanjut agar lebih jelas dan memahami metode jual beli yang di berlakukan toko tersebut.

Transfer Uang Pembayaran

Setelah barang dipilih untuk di beli maka akan muncul total harga yang harus dibayar dan juga ke No.rekening mana dana harus di transfer. Harap catat jumlah total uangnya, no rekening dan atas nama siapa rekening tersebut. 

Segeralah tranfer uang tersebut melalu ATM, SMS Banking ataupun Internet Banking. Saat melakukan transfer, perhatikan betul jumlah uang, no rekening dan nama rekening, jangan sampai salah memasukan jumlah ataupun salah mengetikan no rekening.

Setelah proses transfer selesai maka jangan membuang struk bukti transfer. Keberadaan struk bukti transfer sangat penting untuk mengantisipasi jikalau ada sesuatu masalah dalam proses jual beli nantinya.

Proses terakhir adalah mengkonfirmasi kepada toko online bahwa anda telah melakukan transfer. Konfirmasi dapat dilakukan melalui chat, sms kepada admin toko ataupun melalui tombol konfirmasi pembayaran.

Menunggu Barang Sampai Ketangan Anda

Bila tidak ada kendala maka biasanya barang yang di beli akan sampai ketangan anda dalam jangka waktu 2-3 hari atau bahkan bisa lebih cepat atau lambat tergantung jarak dan layanan pengiriman barang apa yang digunakan.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.