Monday 11 April 2016

Cara Mengobati Mata Bintitan Dengan Mudah dan Aman

Pojokshare.com- Bagi anda yang pernah mengalami mata bintitan pasti memahami betul bagaimana menderitanya dikala penyakit ini menyerang. Enggan untuk keluar rumah dan menghidari bertemu teman serta banyak orang mungkin menjadi pilihan penderita mata bintitan. Maklum saja ketika mengalami bintitan penampilan menjadi tidak maksimal akibat adanya benjolan merah layaknya bisul bernanah pada kelopak mata. Belum lagi adanya mitos dan anggapan bahwa mata bintitan disebabkan karena seseorang hobi atau sering mengintip. Hal ini tentu dapat menjadi bahan leluconan orang lain untuk menggoda para penderita mata bintitan.
mata bintitan
Bintitan, timbilan atau dalam bahasa medisnya hordeolum merupakan infeksi pada kelopak mata yang di sebabkan oleh bakteri. Jadi penyebab utama mata bintitan adalah karena adanya bakteri dan bukan di sebabkan oleh perilaku yang hobi mengintip :-). Mata bintitan dapat menyerang siapa saja mulai dari orang dewasa, anak-anak sampai balita. Mata bintitan adalah jenis infeksi ringan yang hanya memerlukan sedikit perawatan dan pengobatan agar dapat lekas sembuh. 

Untuk mengobati mata bintitan dapat menggunakan obat-obatan medis ataupun melalui cara pengobatan alami. Berikut cara menghilangkan mata bintitan dengan mudah :

Mengobati Mata Bintitan Dengan Salep

Cara mengobati mata bintitan yang pertama adalah menggunakan salep bintitan. Penggunaan salep untuk mengobati mata bintitan menjadi pilihan banyak orang karena dapat membantu proses penyembuhan lebih cepat. Ada banyak salep bintitan yang di jual di apotek, dan salah satu yang salep bintitan terbaik adalah GENTAMICIN SALEP 0,3%.  Harga GENTAMICIN SALEP berkisar Rp 30.000 - Rp 40.000. Cara menggunakan salep bintitan ini cukup mengoleskan pada area kelopak mata yang mengalami pembengkakan. GENTAMICIN SALEP memiliki kemampuan sebagai antibiotik yang dapat memperlambat pertumbuhan dan membunuh bakteri penyebab infeksi pada kelopak mata.
salep bintitan gentamicin

Mengobati Mata Bintitan Secara Alami

Cara kedua untuk mengobati mata bintitan adalah dengan cara alami berupa pengompresan area kelopak mata  menggunakan air rebusan daun sirih. Air daun sirih memiliki khasiat sebagai antibiotik yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi. Langkah-langkah cara mengobati mata bintitan menggunakan daun sirih adalah sebagai berikut :
  1. Rebuslah beberapa lembar daun sirih hingga air rebusan berubah warna
  2. Selanjutnya diamkan air hingga dingin sehingga dapat di gunakan untuk mengompres mata.
  3. Basahi selembar kapas dan letakan pada area mata yang mengalami bintitan.
Kompres kelopak mata secara rutin agar benjolan ini  cepat mengempis dan sembuh. Lakukan proses pengompresan ini juga  pada malam hari sebelum anda tidur. 

1 comment:

  1. wah, terima kasih berkongsi maklumat. Tika kecil dahulu, pernah juga terkena mata bintitan ni

    ReplyDelete

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.