Sunday 25 December 2016

Penting, Ini Ciri-Ciri Rumah Sehat Yang Harus Kamu Ketahui

Pojokshare.com- Rumah merupakan tempat atau hunian yang menjadi kebutuhan primer seluruh manusia. Hampir sebagian besar waktu di habiskan di tempat ini, terutama untuk melepas lelah setelah melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Sebisa mungkin rumah di buat dan di tata dengan sebaik-baiknya sehingga memberi kenyamanan pada setiap penghuninnya. Selain itu rumah harus juga sehat sehingga memberi dampak baik bagi pemiliknya.

Rumah yang sehat tidak mesti harus mewah serta mahal dengan mengeluarkan ratusan atau miliaran rupiah. Rumah yang sehat adalah rumah dengan tata ruang yang baik dan memenuhi syarat rumah sehat. Berikut ciri-ciri dan syarat rumah sehat yang harus kamu ketahui :

rumah sehat

CIRI-CIRI RUMAH SEHAT

1. Rumah selalu dalam keadaan bersih dan rapi
2. Udara segar dari luar rumah selalu masuk
3. Masuknya cahaya yang cukup dari luar rumah
4. Adanya sumber air bersih
5. Memiliki saluran pembuangan
6. Memiliki lingkungan yang bersih dan bebas dari zat kimia berbahaya.

SYARAT RUMAH SEHAT

1. Memiliki Ventilasi

Rumah yang sehat sudah seharusnya memiliki ventilasi. Ventilasi pada rumah berfungsi sebagai jalur keluar masuknya udara, sehingga udara di dalam rumah terus di perbaharui dengan adanya udara baru masuk dari luar. Semakin banyak ventilasi pada rumah tentu semakin baik. Ventilasi juga dapat sebagai jalan masuknya cahaya matahari untuk menerangi ruangan pada saat siang hari.

2. Masuknya Cahaya Yang Cukup

Cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah merupakan sesuatu yang sangat penting. Adanya sinar matahari yang masuk membuat rumah menjadi lebih terang, selain itu cahaya matahari berperan dalam membuat kondisi rumah tidak lembap. Ruangan rumah yang lembab dapat menjadi tempat berkembangnya jamur dan bakteri penyakit yang dapat membahayakan penghuni rumah. Jadi disinilah pentingnya cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Agar rumah memiliki pencahayaan alami yang cukup ada baiknya setiap rumah memiliki banyak jendela, terutama jendela kaca yang dapat di tembus cahaya walau jendela dalam keadaan tertutup.

3. Memiliki Sumber Air Bersih dan Pembuangan

Air bersih merupakan kebutuhan primer bagi setiap rumah. Air bersih di gunakan untuk banyak hal seperti minum, memasak, mencuci, mandi dan lain-lain. Selain itu rumah juga harus memiliki sumber pembuangan yang baik, termasuk di sini adalah septic tank. Ketika membangun septic tank di wajibkan jauh dari sumur. Jarak aman sumur dari septic tank minimal 10 meter. Jika septic tank di buat terlalu dekat dengan sumur maka di khawatirkan limbah dari kotoran yang ada pada septic tank akan merembes masuk ke dalam sumur dan membuat air sumur menjadi tidak sehat.

4. Atap Rumah

Syarat rumah sehat selanjutnya adalah dari segi bagian atap rumah. Atap rumah yang baik adalah atap rumah yang mampu memberikan suasana sejuk dan dingin walau kondisi cuaca siang hari sangat panas terik. Dalam hal ini pemilihan atap yang tepat adalah genteng tanah liat. Bila di bandingkan dengan seng tentu atap yang terbuat dari tanah liat akan memberi nuansa sejuk di siang hari.


5. Memiliki Halaman

Rumah akan semakin baik bila memiliki halaman yang cukup. Halaman pada rumah bisa di manfaatkan untuk menanam aneka tanaman yang dapat membuat suasanan rumah menjadi lebih asri dan sejuk. Anda dapat menanam tanaman obat-obatan (toga) dan juga aneka pohon buah-buahan di halaman rumah.

6. Memiliki Lingkungan Yang Bebas Dari Pencemaran

Lingkungan yang baik adalah lingkungan yang asri dan bebas dari pencemaran zat kimia. Untuk itu sebisa mungkin menjaga lingkungan agar terbebas dari pencemaran dengan cara membuang limbah-limbah rumah tangga selalu pada tempatnya. Alangkah lebih baiknya bila setiap limbah rumah tangga memiliki tempat pembuangan yang di kategorikan atau di pisah-pisahkan menurut jenisnya, seperti sampah Organik dan sampah Non Organik.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.