Sunday 19 November 2023

10 Rekomendasi Tanaman Sukulen Gantung yang Cantik dengan Pesona Estetik dan Minimalis

Belakangan ini tren tanaman hias kerap kali menjadi perbincangan yang sangat signifikan. Salah satunya adalah tanaman hias dengan jenis sukulen gantung yang tengah hits keberadaannya dan menjadi favorit banyak orang. 

Jenis sukulen yang satu ini hadir dengan bentuk yang unik dan punya ciri khasnya tersendiri. Biasanya, tanaman sukulen ini sangat sering digunakan sebagai tanaman hias untuk mempercantik dekorasi rumah secara outdoor.

Tanaman sukulen ini mampu menciptakan nuansa rumah yang lebih menyejukkan dan terlihat lebih berkelas. Proses penanaman tanaman sukulen tergolong lebih mudah dan perawatannya yang mudah membuat banyak orang lebih memilih sukulen dibandingkan tanaman hias lainnya.

Kira-kira, apa saja ya jenis-jenis sukulen yang bisa Sobat jadikan sebagai tanaman untuk menghiasi rumah agar lebih berwarna? Nah, berikut ini adalah beberapa jenis tanaman sukulen yang bisa Sobat tanam di rumah menggunakan pot gantung.

Jenis-Jenis Sukulen Gantung Terbaik

Berikut ini akan disajikan informasi berupa tanaman sukulen yang dapat membuat nuansa rumah Sobat jadi lebih segar. Agar Sobat tidak penasaran lagi, yuk langsung saja simak baik-baik infonya secara seksama dengan baik ya!

1.    Burro’s

Tanaman Sukulen Gantung Burro’s Tail (Sumber : Google/Crocus)

Tanaman sukulen yang pertama yaitu Burro’s Tail atau dikenal juga dengan istilah Sedum Burrito. Sukulen ini berasal dari negara Mexico yang memiliki ciri-ciri daun kecil dan bulat. Tanaman sukulen Burro’s Tail tersebut bisa Sobat jadikan sebagai alternatif tanaman hias gantung untuk ditanam di lingkungan rumah. Sukulen ini akan tumbuh dengan subur ketika mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup.

Burros’ Tail akan yang dipelihara dengan baik nantinya akan menjuntai seperti tali panjang. Pastinya, dari segi visualnya akan sangat cantik dan menarik untuk dipandang. Daun yang dipenuhi dengan daging ini bentuknya menyerupai tetesan air mata. Tanaman yang panjang batangnya mencapai 30 cm ini punya bunga yang indah yaitu berwarna merah muda. 

2.    String Of Dolphins

Tanaman Sukulen String Of Dolphins (Sumber : Google/The Spruce)

Tanaman sukulen yang kedua yaitu bernama String Of Dolphins. Ciri khas dari tanaman ini adalah memiliki daun yang bentuknya seperti lumba-lumba pada saat melompat di air. Ukuran tanaman ini satu sama lainnya tidak sama panjang, dimana mencapai 1 kaki-3 kaki saja. Tanaman sukulen yang unik juga punya bunga berwarna putih dan merah muda yang berukuran kecil dan begitu indah lho.

Sobat bisa meletakkan tanaman String Of Dolphins tersebut di beranda rumah. Pastinya, penampilan rumah akan lebih hidup dan terasa lebih sejuk. Selain itu, Sobat bisa meletakkan tanaman ini secara indoor atau outdoor sesuai dengan selera. Namun, tetap pastikan ya agar sukulen yang cantik ini mendapat sinar matahari dengan cukup dan perhatikan kelembapan tanahnya dengan baik.

3.    Orbea Variegata

Tanaman Sukulen Gantung Orbea Variegata (Sumber : Pinterest/gagliolo.iz)

Tanaman sukulen yang ketiga adalah Orbea Variegata. Tanaman ini hadir dengan batang yang unik dan bunga yang sangat estetik sekali. Menariknya, tanaman hias yang satu ini tidak memiliki daun lho. Namun, punya bunga yang unik dan istimewa. Biasanya Orbea Variegata tersebut populer dengan istilah bunga bintang. Selama masa pertumbuhannya, tanaman ini tumbuh berdekatan satu sama lainnya.

Lebarnya mencapai 50 cm dan panjang untuk batangnya yaitu 10 cm. Sementara itu, untuk diameter bunganya yaitu 8 cm. Bunga yang punya nilai estetika tinggi ini memiliki ciri khas berupa bintik-bintik coklat dan warna kuning. Kebayang bukan jika Sobat menanam tanaman sukulen jenis Orbea Variegata ini sudah pasti pesona rumah jadi semakin mempesona.

4.    Sedum Palmeri

Tanaman Sukulen Gantung Sedum Palmeri (Sumber : Google/Far Reachers Farm)

Tanaman sukulen yang keempat yakni bernama Sedum Palmeri. Tanaman ini punya daun dan bunga yang cantik. Sehingga, sangat cocok sekali jika Sobat tanam menggunakan pot gantung. Apalagi dengan warna kuning yang dihasilkan dari bunga Sedum Palmeri membuat rumah jadi lebih berwarna. Panjang batang Sedum Palmeri yaitu 30 cm dan tingginya mencapai 15 cm.

Bagian daunnya memiliki daging dan tepi daunnya akan berwarna merah muda apabila terkena cahaya matahari secara langsung. Cara merawatnya tentu sangat mudah sekali. Sobat cukup perhatikan kondisi tanahnya, jika sudah kering maka tinggal menyiramnya dengan air secukupnya. Tujuannya agar sukulen ini tumbuh dengan segar kembali dan subur.

5.    String Of Pearls

Tanaman Sukulen Gantung String Of Pearls (Sumber : Google/Planet Natural)

Tanaman sukulen gantung yang kelima yaitu String Of Pearls. Sukulen yang satu ini punya bentuk daun yang unik yaitu seperti kacang polong. String Of Pearls yang termasuk ke dalam famili Asteraceae ini mampu menyimpan air secara maksimal lewat bentuk daunnya yang unik ini. Bagian batangnya tumbuh secara menjuntai sepanjang 2 kaki-3 kaki.

Tidak sampai disitu saja, keindahan tanaman ini terletak pada bunganya yang berwarna putih dan berbentuk terompet. Bunga dari sukulen String Of Pearls ini sudah dilengkapi dengan warna-warni benang sari dan aroma rempah seperti kayu manis. String Of Pearls ini tahan terhadap udara yang kering dan sangat mudah dari segi perawatannya. Tanaman ini tumbuh subur dengan sistem drainase yang baik.

6.    Trailing Jade

Tanaman Sukulen Gantung Trailing Jade (Sumber : Google/Succulents Online)

Pada urutan keenam, jenis sukulen yang tidak kalah unik dan bisa Sobat pelihara di rumah yaitu Trailing Jade. Keistimewaan dari tanaman sukulen ini yaitu punya bentuk daun seperti kepingan giok. Tanaman hias tersebut punya daun yang lonjong, tebal, dan berkilau dalam waktu bersamaan. Trailing jade dari genus Senecio ini populer dengan nama Hanging Jade atau Senecio Jacobsenii.

Tanaman sukulen berdaun hijau ini mampu membuat udara di sekitar rumah Sobat jadi lebih segar. Bahkan, Sobat bisa bersantai sambil menikmati sukulen berjenis Trailing Jade. Pasti, rasanya tidak akan mudah bosan bukan untuk mengamati Trailing Jade ini? Tanaman hias gantung ini akan tampil lebih menawan jika Sobat menanamnya menggunakan desain pot yang estetik.

7.    String Of Hearts

Tanaman Sukulen Gantung String Of Hearts (Sumber : Google/The Sill)

String Of Hearts ini masuk ke dalam jajaran tanaman sukulen urutan ketujuh. Jenis sukulen yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias gantung karena punya batang yang menjuntai dengan panjang mencapai 1 meter lebih. String Of Hearts ternyata punya nama lain yang tidak kalah menarik lho yaitu Rosario Vine. Wah, namanya begitu bagus ya sesuai dengan tampilan visualnya.

Bagian daunnya berbentuk hati dan pola unik berwarna abu-abu tepat di bawah daunnya. String Of Hearts punya bunga yang panjangnya 2 cm serta warnanya lembut yaitu ungu dan merah muda. Bagian batangnya lebih tipis dan cocok Sobat budidayakan di rumah sebagai tanaman hias gantung yang mudah untuk dirawat. Sukulen ini tumbuh subur pada media tanam berupa perlit dan pasir.

8. Othonna Capensis

Tanaman Sukulen Gantung Othonna Capensis (Sumber : Pinterest/Az Animals)

Othonna Capensis merupakan salah satu tanaman sukulen yang aura keindahannya semakin keluar jika ditanam menggunakan pot gantung. Tanaman sukulen ini banyak diincar oleh pecinta sukulen lho. Berkat keindahannya yang mempesona, sukulen ini terkenal dengan istilah Ruby Necklace. Sekilas, sukulen Othonna Capensis bentuknya seperti untaian kalung permata yang warnanya kemerahan.

Tanaman ini punya daun yang tipis dan bentuknya seperti kacang. Warnanya akan berubah menjadi merah pada saat terkena cahaya matahari secara langsung. Kehadiran bunga pada tanaman Othonna Capensis yang berwarna kuning tersebut menjadi pelengkap dari sukulen ini. Belum lagi, warna ungu pada bagian batangnya yang mampu menciptakan nuansa tersendiri bagi penikmatnya.

9.    String Of Nickels

Tanaman Sukulen Gantung String Of Nickels (Sumber : Google/The Spuce)

String Of Nickels merupakan salah satu jenis tanaman sukulen yang tampil cantik pada pot gantung. Jika dilihat sepintas, tanaman ini mirip dengan benalu bukan? Tanaman sukulen tropis ini punya bentuk daun seperti koin yang warnanya hijau keperakan dan hijau pucat. Tanaman ini termasuk ke dalam jenis sukulen yang merambat, tentu akan sangat menarik sekali jika berada di hunian Sobat. 

String Of Nickels dapat tumbuh dengan baik pada kondisi rendah cahaya. Selain bisa ditanaman secara outdoor, String Of Nickels juga bisa Sobat tanam di dalam ruangan ya. Sukulen yang bersifat epifit ini akan menjadi nilai plus tersendiri di rumah Sobat dan sangat cocok sekali untuk rumah bertipe minimalis. Perawatannya juga tidak sulit lho, namun sukses menyajikan nilai estetik yang berkelas.

10.    Elephant Bush

Tanaman Sukulen Gantung Elephant Bush (Sumber : Google/Root’d Plants)

Tanaman sukulen gantung pada urutan yang terakhir yaitu Elephant Bush. Sukulen ini lebih populer dengan nama Rainbow Bush, Elephant Food, dan Portulacaria Afra Variegata. Siapa sangka dibalik keindahan dan keunikan Elephant Bush ini ternyata sangat disukai oleh gajah lho sebagai makanan favoritnya.

Bagian daunnya ini memiliki warna rainbow yang cantik dan elegan. Elephant Bush ini bisa Sobat tanam di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Namun, tetap pastikan ya pertumbuhan dari sukulen ini dengan baik. Agar daun Elephant Bush tersebut tidak mudah mengalami kerontokan sebaiknya jangan terkena sinar matahari secara langsung ya. 

Penutup :

Itulah aneka jenis tanaman sukulen gantung yang sukses mencuri perhatian publik dan membuat Sobat jatuh cinta dengan pesonanya. Buat Sobat yang menyukai tanaman hias, bisa mencoba menanam sukulen yang sudah direkomendasikan pada artikel di atas ya. Lewat tanaman sukulen tersebut, Sobat dapat menciptakan suasana rumah yang lebih asri, sejuk, dan estetik. 

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.