Saturday 14 November 2015

Kelebihan Kolam Terpal Untuk Budidaya Ikan

Pojokshare.com- Belakangan kolam terpal semakin populer dan banyak menjadi pilihan pembudidaya ikan, baik itu untuk pembudidayaan ikan skala kecil maupun besar. Kolam terpal di pilih banyak pembudidaya ikan karena memiliki nilai lebih di bandingkan kolam-kolam yang selama ini digunakan seperti kolam tanah dan kolam beton.
Banyak jenis ikan yang dapat di pelihara menggunakan kolam terpal, sebut saja ikan nila, ikan lele, mujair, gurami, lobster air tawar dan beberapa jenis ikan air tawar lainnya. Bila anda berniat untuk memakai kolam terpal untuk membudidayakan ikan, maka berikut beberapa kelebihan dari kolam terpal untuk membudidayakan ikan :
  1. Kolam terpal tidak merusak lahan yang ada, seandainya ingin membudidayakan ikan di sekitar pekaranangan rumah, maka penggunaan kolam terpal tidak akan merusak lahan yang ada. Tidak rusaknya lahan pekarangan di sebabkan pada proses pembuatan kolam terpal tidak perlu menggali tanah dan kolam terpal tidak bersifat permanen sehingga dapat di bongkar pasang. Berbeda halnya ketika membuat kolam tanah ataupun beton maka diperlukan penggalian tanah yang dalam.
  2. Dapat digunakan pada lahan terbatas, Kolam terpal biasanya berukuran minimalis, untuk itu bagi anda yang memilih membudidayakan ikan di sekitar rumah dengan pekarangan yang sempit dapat memilih terpal sebagai media kolam.
  3. Biaya pembutan lebih murah, Untuk membuat kolam terpal hanya di butuhkan terpal dan beberapa papan ataupun bambu sebagai dinding penahan. Hal ini jelas membuat biaya yang dikeluarkan untuk membuat kolam lebih murah bila dibandingkan ketika membuat kolam beton.
  4. Pembuatan kolam tidak memakan waktu yang lama, Kolam terpal terbilang sederhana dan mudah untuk di buat sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama ketika prosesnya.
  5. Kolam mudah dibersihkan, Kolam terpal memiliki keunggulan yaitu mudah dibersihkan bila di bandingkan dengan kolam tanah ataupun kolam beton. Dengan keunggulan ini dapat memutus mata rantai penyakit yang ada di kolam.
  6. Proses pemanenan ikan lebih mudah, Kolam terpal bersifat minimalis dan tidak terlalu dalam, hal ini membuat proses pemanenan ikan menjadi lebih mudah. Selain itu ikan yang di panen tidak akan bersembunyi di lumpur.
  7. Daging ikan tidak berbau lumpur, Ikan hasil panen dari kolam terpal memiliki rasa daging yang enak karena tidak berbau lumpur, tak heran ikan ini lebih di sukai para konsumen.
Selain memiliki keunggulan, kolam terpal juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan dari kolam terpal ialah kolam tidak akan bertahan dalam waktu yang lama. Usia kolam terpal maksimalnya selama 2 tahun, hal ini disebabkan terpal akan lapuk dan bocor akibat terkena sinar matahari dan hujan secara terus menerus.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.