Sunday 29 November 2015

Mengenal Ikan Arapaima Gigas, Ikan Raksasa Yang Sempat Menghebohkan Warga Di Sekitar Sungai Ciliwung

Pojokshare.com- Beberapa hari lalu warga di sekitar aliran sungai ciliwung sempat dihebohkan dengan di temukannya ikan Arapaima Gigas yang berukuran hampir 2 meter. Hal ini semakin menarik perhatian karena sebagaimana di ketahaui bahwa di sungai ciliwung tidak ada spesies ikan raksasa apalagi jenisnya adalah ikan ini. Usust punya usut tenyata ikan arapaima gigas yang di temukan di sungai ciliwung merupakan ikan yang berasal dari tempat wisata Sumber Karya Indah (SKI) Tajur, Bogor. Ikan ini sengaja di buang oleh pemiliknya karena telah mati.

Lalu ikan apakah sebenarnya Arapaima Gigas dan dari mana habitat asli ikan ini ??

Ikan Arapaima Gigas merupakan jenis ikan aligator yang hidup di air tawar. Ikan ini merupakan ikan air tawar terbesar yang mampu tumbuh dan berkembang mencapai 3 meter dengan berat mencapai 200 kg. Ikan Arapaima bukanlah ikan asli indonesia melainkan ikan yang berasal dari sungai amazon.


Arapaima gigas memiliki keistimewaan pada sisiknya, dimana struktur sisik yang dimiliki sangat keras terutama pada bagian punggung. Karena memiliki bentuk fisik yang unik, tak jarang ikan ini di jadikan sebagai ikan hias. Namun di negara asalnya, ikan arapaima gigas juga di jadikan sebagai ikan konsumsi. Tingginya tingkat konsumsi ikan arapaima gigas di amerika membuat populasi ikan ini semakin berkurang, terutama untuk ikan arapaima gigas ukuran 2 meter lebih.

Keistimewaan lain yang dimiliki ikan arapaima gigas adalah kemampuannya yang dapat bertahan di perairan yang minim oksigen. Kemapuannya ini di dukung dengan adanya gelembung udara yang membantu dalam proses pernafasan.  Agar dapat tumbuh besar, ikan arapaima gigas memakan beraneka ragam ikan dan hewan air lainnya, serta juga beberapa binatang kecil yang berada di sepanjang pinggiran aliran sungai.


Saat ini ikan arapaima gigas telah tersebar di banyak negara di dunia, tak terkecuali indonesia. Untuk dapat melihat ikan arapaima gigas secara langsung, anda dapat mengunjungi tempat wisata Sumber Karya Indah (SKI) Tajur, Bogor

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.