Saturday 21 November 2015

Mengenal Ikan Discus, Ikan Hias Cantik Penghias Akuarium

Pojokshare.com- Ikan discus merupakan salah satu dari sekian jenis ikan hias air tawar yang banyak diminati oleh pencinta ikan. Saat ini ikan discus mulai populer di kalangan negara asia tenggara dan tak terkecuali indonesia. Meskipun banyak di temukan di asia tenggara, namun sejatinya ikan discus merupakan ikan yang berasal dari aliran sungai amazon.
Ikan discus banyak di gemari para pecinta ikan karena memiliki bentuk fisik yang cantik dengan dihiasi aneka warna dan corak yang jika di amati menyerupai corak batik. Di habitat aslinya di sungai amazon, ikan discus dibagi menjadi tiga jenis yaitu ikan discus biasa (Symphysodon aequifasciatus), ikan discus heckel (Symphysodon discus) dan yang terakhir Symphysodon tarzoo.

Ikan discus memiliki bentuk tubuh pipih layaknya ikan bawal ataupun piranha. Mengenai karakternya ikan ini di kenal sebagai ikan yang tenang dan sedikit pemalu serta berusaha menghindar jika mendapati kehadiran manusia. Meskipun begitu, ikan discus adalah ikan yang setia  dan memiliki rasa tanggung jawab besar terhadap telur-telurnya. Tak heran pada fase bertelur hingga masa penetasan telur, ikan ini akan selalu menjaga telur-telurnya dari setiap ancaman yang mungkin akan datang.
Tingginya peminat ikan discus membuat banyak peternak ikan mencoba membudidayakan ikan discus. Menurut beberapa sumber, ikan discus termasuk ikan yang sulit untuk di budidayakan dan perlu penanganan yang tepat agar berhasil, hal ini terbukti dengan adanya beberapa pembudidaya yang gagal membudidayakan ikan diskus.
Mengenai makananya, ikan discus merupakan ikan pemakan hewan-hewan kecil di dalam air seperti plankton dan beberapa tumbuhan air. Ikan ini memiliki sifat pilih-pilih makanan dan tak suka sembarang mencomot makanan. Bila diberi makanan jenis baru maka ikan discus sulit sekali untuk menerima dan lebih memilih kelaparan untuk jangka waktu berhari-hari. Hal inilah yang membuat beberapa peternak gagal dalam membudidayakan ikan discus dimana ikan yang dipelihara mengalami kematian. Meskipun begitu bukan berarti ikan ini tidak dapat di budidayakan, hanya saja perlu penanganan yang tepat dan benar agar discus mampu berkembang dan bertahan hidup.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.