Sunday 22 November 2015

Tehnik Bermain Yoyo Yang Baik dan Benar

Pojokshare.com- Yoyo merupakan salah satu permainan masa lalu yang hingga saat ini masih eksis keberadaannya. Banyak pecinta yoyo masih setia menyimpan dan memainkan yoyo kesayangannya. Jika dahulu yoyo lebih banyak yang terbuat dari kayu, maka saat ini yoyo mengalami banyak perubahan. Perubahan tersebut terdapat pada bahan dasar pembuat yoyo yaitu plastik dan beberapa bahan lain. Selain itu bentuknyapun mulai beragam baik dari segi warna, desain dan ukuran.
Meskipun terlihat sederhana, bermain yoyo syarat dengan tehnik dan trik. Dengan tehnik dan trik ini membuat permainan yoyo semakin seru dan menarik. Berikut beberapa tips dan tehnik bermain yoyo.

Sleeper

Sleeper merupakan tehnik dasar atau awal dalam bermain yoyo. Tehnik ini cukup sederhana dan semua orang pasti mampu melakukannya. Lihat gambar dibawah untuk mengetahui tehnik sleeper dalam bermain yoyo.
Untuk melakukan tehnik sleeper hal pertama yang di lakukan adalah menghentakan yoyo kebawah. Biarkan yoyo berputar di ujung tali hingga beberapa detik. Untuk mengembalikan yoyo ketangan anda, sentaklah sedikit saja tali yoyo.

Walk The Dog

Sesuai dengan namanya, tehnik ini dilakukan seolah-olah pemain sedang menuntun seekor anjing menggunakan tali . Berikut langkah menggunakan tehnik walk the dog.
Pertama : Lakukanlah tehnik sleeper hingga yoyo berputar pada ujung tali
Kedua   : Sentuhlah yoyo yang sedang berputar ke tanah hingga yoyo menggelinding dan berjalan kedepan.
Sebelum yoyo berhenti berputar ada baiknya sentak kembali tali yoyo sehingga yoyo kembali ketangan anda.

The Creeper

Tehnik the creeper hampir mirip dengan tehnik walk the dog hanya saja yoyo yang di mainkan seolah-olah mengejar atau menyambar tangan dari sipemain.
Langkah 1 : lakukan tehnik sleeper
Langkah 2 : biarkan yoyo menyentuh tanah seperti melakukan tehnik walk the dog
Langkah 3 : Berjongkoklah lalu tarik sedikit tali dan biarkan yoyo tertarik hingga menyambar tangan anda.
Break Away

Untuk melakukan tehnik break away caranya adalah dengan melempar yoyo kearah samping hingga membentuk setengah lingkaran atau yoyo berada hampir selurusan dengan dada anda. Setelah itu sentak tali hingga yoyo kembali ketangan.
Forward Pass

Dalam melakukan tehnik ini dimulai dengan menggenggam yoyo di samping paha dengan posisi telapak tangan menghadap kebelakang. Ayunkan tangan kedepan sambil melepas yoyo hingga seolah-olah anda sedeng melempar. Segera sentak tali untuk mengembalikan yoyo ketangan anda.

Elevator

Tehnik elevator merupakan tehnik yang cukup keren yang sebaiknya harus anda kuasai. Dalam tehnik ini, yoyo seolah-olah sedang menanjak .
langkah 1 : Lakukan tehnik sleeper
langkah 2 : Posisikan jari telunjuk kiri pada tengah-tengah tali
langkah 3 : Tarik tangan yang mengendalikan yoyo kearah belakang
langkah 4: Gerakan tangan yang mengendalikan yoyo kebawah sehingga yoyo tertarik keatas dan seolah olah menanjak naik.
Around The Word

Tehnik ini dilakukan dengan cara memutar-mutar yoyo hingga 360 derajat. Harap perhatikan sekitar anda sebelum melakukan ini, pastikan tidak ada orang lain ataupun benda lain yang menghalangi sehingga tidak terjadi benturan.
langkah 1 : lemparlah yoyo menggunakan tehnik Forward Pass
langkah 2 :Ayunlah yoyo sehingga mampu berputar 360 derajat
langkah 3 : Tariklah yoyo untuk mengembalikannya ke dalam genggaman.
Rock The Baby

Tak dapat dipungkiri bahwa tehnik ini merupakan tehnik pamungkas setiap pemain yoyo. Tehnik Rock the baby terlihat sangat luar biasa dan siapapun yang melihatnya pasti akan berdecak kagum.
langkah 1 : lakukanlah tehnik sleeper hingga yoyo memutar di ujung tali
langkah 2 : Posisikan telunjuk tangan kiri di tengah tali
langkah 3 : Ambil tali yang berada beberapa senti dari yoyo menggunakan tangan kanan
langkah 4 : tegakkan tali dan bentuklah seperti segitiga dengan yoyo berada di tengahnya 

Sebenarnya masih banyak tehnik dalam bermain yoyo yang belum disebutkan. Namun untuk pemula, menguasai seluruh tehnik diatas bisa dikatakan sudah lebih dari cukup. Untuk lebih memahami mengenai cara dan tehnik bermain yoyo alangkah baiknya langsung menonton video-video master yoyo di youtube yang mampu menyuguhkan tehnik-tehnik super..

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.