Saturday 7 November 2015

Tips Mengatasi Punggung Sering Pegal

Pojokshare.com- Punggung pegal merupakan suatu kondisi dimana pada seputaran area punggung dan pundak terasa nyeri yang di sebabkan berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Pegal atau nyeri punggung memiliki tingakatan yang berbeda-beda pada setiap orang, namun begitu kondisi ini tetap dapat menggangu aktivitas sehari-hari. Gangguan punggung pegal telah dianggap biasa, tak heran sebagian orang mengabaikan gangguan punggung ini.
Gangguan punggung pegal pada seseorang dapat disebabkan banyak hal. Adapun beberapa penyebab dari timbulnya nyeri punggung adalah :

Postur Tulang Belakang Yang Buruk 

Buruknya postur tulang belakang dapat disebabkan karena posisi tubuh yang salah di saat duduk maupun berdiri, kebiasaan memikul beban berat di pundak, dll. Karena kebiasaan ini struktur tulang belakang menjadi terlalu bengkok kedepan ataupun kebelakang, akibat jangka panjangnya punggung akan sering terasa nyeri.

Obesitas/Tubuh Yang Terlalu Gemuk

Banyak sekali dampak negatif dari tubuh yang terlalu gemuk, dan salah satunya adalah dapat menyebabkan nyeri atau sakit punggung. Berat badan yang berlebihan pada seseorang yang gemuk dapat menyebabkan tekanan yang besar pada area punggung, hingga akhirnya punggung akan mengalami pegal dan nyeri.

Gerakan Tubuh Yang Salah

Banyak dari aktivitas sehari-hari yang dapat menyebabkan punggung nyeri seperti melakukan gerakan tubuh yang salah sehingga terjadi peregangan otot punggung, mengangkat benda berat, dll. Akibat gerakan ini terjadi kontraksi otot yang berujung pada rasa nyeri punggung.

Masa Kehamilan

Bagi wanita, masa kehamilan dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan punggung terasa pegal dan nyeri. Hal ini terbilang lumrah karena pada masa kehamilan punggung memiliki beban yang lebih berat akibat adanya janin. Selain itu adanya perubahan dari cara berdiri dan berjalan wanita pada masa kehamilan yang menyebabkan punggung terasa pegal.

Kurang Olahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas terbaik untuk mencegah aneka penyakit menyerang tubuh. Banyak dampak buruk dari jarangnya olahraga dan salah satunya adalah menyebabkan nyeri punggung. Lebih dari 80% kasus nyeri punggung timbul akibat jarangnya melakukan olahraga. Dengan olahraga menjadikan otot-otot daerah punggung lebih kuat, lentur dan tidak kaku.

Proses Penuan

Tidak dapat dipungkiri bahwa penuan dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya sakit punggung. Tak heran baik pria maupun wanita yang telah berumur di atas 50 tahun sering mengalami gangguan punggung ini. Pada masa penuan akan tumbuh tulang baru pada area tulang belakang. Hal ini disebabkan keluar atau menonjolnya diskus dari tempat semestinya.


Cara Mengatasi Punggung Pegal
  • Memperhatikan posisi tubuh saat duduk dan berdiri. Jangan sering membukuk karena ini dapat memperparah kondisi punggung.
  • Bila kondisi sakit sudah semakin sulit di toleransi, maka mengkonsumsi obat menjadi pilihan terbaik, namun tentu harus dengan resep dokter. Adapun golongan obat yang sering di gunakan untuk meredakan sakit punggung adalah NSAID. 
  • Melakukan terapis fisik
  • Melakukan terapi pijat punggung agar otot-otot punggung lebih rileks.
  • Mengurangi berat badan.
  • Bila anda seorang pekerja kantor yang sering berlama-lama duduk, maka sebisa mungkin melakukan peregangan otot dengan cara berdiri dan melakukan gerak-gerakan kecil yang membuat punggung lebih nyaman.
  • Rajin berolahraga, minimal berlari-lari kecil 15 menit setiap harinya.
  • Mengkonsumsi obat alami seperti meminum rebusan air jahe yang di campur madu.
  • Pada ibu hamil yang mengalami punggung pegal dapat di atasi dengan melakukan pijatan-pijatan kecil pada punggung serta berhati-hati dalam melakukan aktivitas seperti duduk dan berdiri.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.