Saturday 12 December 2015

Cara Memelihara Landak Mini Untuk Pemula

Pojokshare.com- Siapa yang tak mengenal landak, hewan pengerat lucu nan unik yang memiliki duri-duri tajam sebagai senjata pamungkasnya. Hewan ini tersebar di banyak negara di dunia termasuk indonesia. Landak merupakan hewan pemakan aneka tumbuhan dan serangga. Di indonesia landak sering di buru guna untuk di jadikan sebagai hewan peliharaan ataupun sebagai bahan makanan. Salah satu makanan yang cukup populer dari bahan dasar daging landak adalah sate landak.
Banyak sekali spesies landak yang ada saat ini, dan salah satunya adalah landak mini. Sesuai namanya, landak ini memiliki ukuran tubuh yang mini dan lucu. Tak heran banyak orang menjadikan landak mini sebagai hewan peliharaan.

Bagi anda yang berminat untuk memelihara landak mini, simak tips cara memelihara landak mini berikut :


Persiapan kandang Landak Mini

Hal pertama yang dilakukan sebelum memulai memelihara landak mini adalah menyiapkan kandang. Kandang di buat berbentuk kotak dengan ukuran minimal 50 cm x 30 cm.
Banyak pecinta landak mini lebih memilih kandang yang terbuat dari kaca layaknya akuarium ikan. Kandang kaca mimiliki banyak keunggulan terutama dari segi keleluasan setiap orang yang ingin melihat landak.

Pada dasar kandang alangkah baiknya di beri serutan-serutan kayu. Selain itu lengkapi juga kandang dengan tempat makan dan minum, serta tempat bersembunyi landak mini.
Tempat makan landak mini haruslah dari bahan yang berat sehingga tidak mudah di bolak-balikan landak dan berujung tumpah.  Contoh tempat makan yang baik seperti asbak rokok yang terbuat dari kaca yang tebal dan berat.
Untuk tempat minum dapat menggunakan tempat minum hamster yang banyak di jual di pasaran.


Memilih Landak Mini

Landak termasuk hewan yang lebih suka menyendiri, oleh sebab itu memelihara satu ekor landak saja sudah cukup dan landak tidak akan merasa kesepian. Anda dapat memilih jantan saja atau betina saja.
Namun bila anda memelihara dan sekaligus juga untuk mengembang biakan landak mini alangkah baiknya memelihara dengan persentase perbandingan jumlah landak mini betina lebih banyak, misal 2 landak mini betina dan 1 landak mini jantan.

Harga landak mini berkisar Rp 150.000 sampai Rp 1.300.000 tergantung dari jenis landak mini dan umurnya. Ada beberapa jenis landak mini yang sering dijadikan binatang peliharaan, antara lain : Landak mini Albino, tobiano, Snowflake, Brown dan landak mini Salt.


Memelihara Landak Mini

Landak mini dapat di beri makan sebanyak 3x sehari yaitu pada pagi, siang dan malam hari. Makanan yang dapat diberikan berupa cat food, dog food dan makanan khusus landak yang banyak di jual di pasaran.

Sembari memberi pakan buatan, ada baiknya sesekali juga memberi pakan alami seperti ulat hongkong atau ulat jerman. Untuk jenis ulat ini dapat di beli di toko-toko burung.

Mandikanlah landak mini jika dirasa landak sudah terlalu kotor dan beraroma tidak enak. Siapkan air di dalam ember (air hangat lebih baik). Masukan landak dan biarkan landak berenang. Sikatlah duri-duri landak menggunakan sikat gigi berbulu halus. Gunakanlah shampo bayi agar landak lebih bersih dan harum. Setelah proses memandikan selesai, keringkan tubuh landak menggunakan handuk.


Untuk menjaga kebersihan kandang maka gantilah serbuk kayu 1 minggu sekali atau kapan saja ketika kandang telah beraroma tidak enak dan banyak terdapat kotoran landak. Kandang harus rutin dibersihkan agar tidak ada kesempatan bakteri penyakit untuk berkembang.

Landak mengalami masa puber ketika telah berumur beberapa bulan. Untuk landak jantan sekitar umur 3 bulan sedangkan landak betina umur 4 bulan. Pada masa ini landak telah siap untuk kawin dan berkembang biak.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.