Saturday 12 December 2015

Cara Menangkap Kutilang Emas Menggunakan Jaring Burung

Pojokshare.com- Kutilang emas atau ada juga yang menyebutnya sebagai cucak kuning merupakan jenis burung kicau yang memiliki bentuk dan warna yang indah. Sama halnya dengan burung kutilang biasa, kutilang emas juga tersebar di seluruh hutan indonesia dan dapat dengan mudah di jumpai.
Kutilang emas memiliki sifat yang lebih pemalu bila di bandingkan dengan kutilang biasa yang berwarna coklat dan abu-abu. Burung jenis ini sangat suka bertengger pada pohon yang memiliki daun yang rimbun. Kutilang emas memakan aneka buah dan biji-bijian yang biasa tumbuh di hutan.

Karena memiliki warna yang indah dan suara kicauan yang nyaring, membuat banyak pecinta burung menjadikan kutilang emas sebagai burung peliharaan. Bagi anda yang berminat dan ingin mencoba menangkap kutilang emas, simak tips cara menangkap kutilang emas menggunakan jaring berikut ini :

Download terlebih dahulu rekaman suara kutilang emas di bawah ini

SUARA KUTILANG EMAS

Persiapan Alat dan Bahan
  1. HP atau Speaker untuk memutar suara pikat burung kutilang emas
  2. Jaring burung ukuran minimal 2 meter x 10 meter (bisa dibeli di toko burung Rp 50.000)
  3. Tiang atau bambu sebanyak 2 batang untuk memasang jaring
Proses Berburu Burung Kutilang Emas
  • Tentukan lokasi, alangkah baiknya di lakukan pengamatan terlebih dahulu apakah di sekitar terdapat burung kutilang emas.
  • Jika lokasi telah di tentukan, maka selanjutnya adalah proses pemasangan jaring burung. Ikatlah jaring pada 2 tiang bambu lalu bentangkan pada lokasi yang telah di tentukan.
  • Alangkah lebih baiknya jika di dekat pemasangan jaring terdapat pohon sumber makanan burung, seperti pohon buah-buahan atau biji-bijian hutan.
  • Hidupkan suara rekaman burung kutilang emas dan letakan Hp pada tempat tersembunyi atau tutupi saja menggunakan dedaunan.
  • Menjauhlah dari jaring dan amati jaring dari kejauhan. 
Burung kutilang emas yang mendengar suara rekaman akan datang mendekat dan mencari sumber suara. Bila beruntung maka kutilang emas akan menabrak jaring dan tersangkut pada jaring. Segera lepas burung kutilang secara hati-hati agar jaring tidak sobek. Jaring burung sangatlah tipis sehingga rawan sobek bila tidak berhati-hati dalam proses melepaskan burung yang tersangkut.


* Cara ini juga dapat di gunakan untuk menangkap jenis kutilang biasa ataupun jenis-jenis burung lainnya seperti murai batu, kacer, pleci dan lain-lain.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.