Monday 14 December 2015

Cara Menyembuhkan Cantengan Secara Alami

Pojokshare.com- Cantengan merupakan infeksi yang terjadi pada kulit di sekitar kuku jari tangan maupun kuku jari kaki. Infeksi ini ditandai dengan pembengkakan pada area kuku  dan juga disertai radang, sakit yang berdenyut serta perubahan kulit yang menjadi kemerah-merahan. Pada kondisi terburuk cantengan akan menimbulkan penumpukan nanah di tempat terjadinya pembengkakan.

Penyebab Cantengan
 
Cantengan timbul akibat dari kebiasaan buruk yang sering di lakukan oleh penderitanya. Adapun beberapa faktor penyebab terjadinya cantengan atau infeksi pada kulit sekitar kuku adalah :
  1. Memotong kuku terlalu pendek hingga mengenai kulit.
  2. Menarik-narik kuku ataupun kulit di sekitar kuku hingga menyebabkan pendarahan
  3. Kebiasaan menggigit kuku
  4. Memakai sepatu yang terlalu sempit
Cara Menyembuhkan Cantengan 

Rendam jari tangan ataupun jari kaki yang mengalami cantengan di dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu keringkan menggunakan handuk hingga tiada sisa air yang melekat.

Kompres bagian yang mengalami pembengkakan menggunakan Rivanol. Caranya basahi kapas menggunakan cairan rivanol lalu kompres bagian kuku yang mengalami cantengan. Rivanol merupakan cairan antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan juga dapat meredakan pembengkakan. Cairan rivanol bisa di beli di apotek.

Mengobati Cantengan Secara Alami

Mengobati Cantengan Menggunakan Daun Dewa, 

Adapun caranya : ambil daun dewa secukupnya lalu tumbuk hingga halus. Letakan daun dewa yang telah halus pada area kuku yang mengalami infeksi. Langkah terakhir bungkuslah menggunakan kain ataupun perban.

Mengobati Cantengan Dengan Daun Pacar Kuku (Daun Inai) & Jeruk Nipis
 
Ambil daun pacar kuku secukupnya lalu tumbuk hingga halus. Campurkan perasan air jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan dan aduk hingga merata. Letakan ramuan tersebut pada area kuku yang terkena cantengan dan jangan lupa untuk membungkusnya menggunakan kain ataupun perban.

Mengobati Cantengan Menggunakan Jahe

Parut jahe secukupnya hingga halus. Lumuri area kuku yang terkena cantengan menggunakan parutan jahe. Langkah terakhir bungkuslah menggunakan kain ataupun perban.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.