Thursday 3 December 2015

Cara Mudah Memelihara Burung Hantu

Pojokshare.com- Burung hantu merupakan jenis burung yang terbilang sangat jarang di pelihara oleh para pecinta burung. Banyak pecinta burung lebih memilih aneka burung lainnya yang memiliki warna dan kicauan indah seperti murai, serindit, kacer dan beberapa jenis burung kicau lainnya. Sebagian orang menganggap bahwa burung hantu memiliki aura mistis dan terkesan seram untuk dipelihara, apalagi di saat malam hari burung hantu mengeluarkan suara-suara yang khas yang dapat membuat bulu kuduk berdiri.

Meskipun terkesan mistis, toh tetap saja ada yang memelihara jenis burung ini. Burung hantu adalah jenis burung yang lebih aktif pada malam hari dan pada waktu inilah burung hantu memulai mencari mangsa. Sebenarnya untuk memelihara burung hantu tidaklah sulit, hanya saja jenis makanan yang diberikan terkadang cukup berbeda dari burung-burung kicau kebanyakan.

Untuk anda yang berminat memelihata burung hantu, simak tips-tips cara memelihara burung hantu berikut :

Cara Mendapatkan Burung Hantu

Untuk mendapatkan burung hantu sebenarnya sangatlah mudah yaitu dapat menggunakan jaring burung. Metode menangkap burung menggunakan jaring ini pernah saya lakukan dan terbilang sukses untuk mendapatkan burung hantu. Belilah jaring untuk menjerat burung yang berukuran 3 x 10 meter. Lalu bentangkan jaring tersebut di malam hari pada daerah-daerah dekat hutan ataupun semak. Bila beruntung, paginya anda akan mendapati burung telah tersangkut pada jaring dan dapat segera untuk di masukan ke kandang guna diperlihara.

Bila tidak ingin repot-repot menangkap, maka dapat dengan membeli di toko-toko burung seharga Ratusan ribu rupiah.

Cara Memelihara Burung Hantu

Persiapkanlah sangkar yang agak besar, hal ini untuk menyesuaikan ukuran tubuh burung hantu yang cukup besar. Namun banyak yang berpendapat bahwa alangkah baiknya ketika memelihara burung hantu tidak menggunakan sangkar burung, akan tetapi menggunakan tenggeran layaknya memelihara kakak tua. Hal ini dimaksudkan agar burung hantu lebih cepat jinak dan akrab terhadap kehadiran manusia.

Pemberian makan burung hantu dapat di lakukan 2 kali sehari yaitu pada waktu magrib dan di atas jam 9 malam. Adapun beberapa jenis makanan burung hantu adalah :
  1. Tikus
  2. Ikan lele
  3. Ikan gabus
  4. Burung-burung kecil
  5. Jangkrik
Sebenarnya burung hantu merupakan pemakan daging apa saja selain yang di sebutkan di atas. Namun untuk terus menyediakan makanan berupa daging dan ikan tentu akan semakin berat dan menguras isi dompet bila di lakukan setiap hari. Untuk itu ada baiknya biasakan burung hantu di beri jangkrik agar lebih terbiasa dan tidak pilih-pilih jenis makanan lain. Dengan memberikan jangkrik maka anda dapat berhemat uang. Cukup membeli jangkrik Rp 5.000 di toko burung, maka sudah dapat memenuhi kebutuhan makan burung hantu kurang lebih selama seminggu.

1 comment:

  1. ====================================================================================================
    JUAL ANAKAN AYAM NEGERI / ANAK PUYUH (DOG) / TIKUS PUTIH (MENCIT)
    ====================================================================================================

    Pemisi ADMIN & MOMOD Lapak ane cuma mau nawarin anak ayam negeri,anak puyuh,tikus putih
    buat yang sayang sama Patner atau peliharaannya Musang,Burung hantu,Burung Elang dll
    harga yang ane tawarin juga murah dan hewan dalam kondisi sehat sehat.

    Untuk Harga di jamin bersahabat :

    * Anak Ayam : Rp. 5.000/ekor
    * Anak Puyuh : Rp.1.000/ekor (Harga bisa turun dengan pengemabilan 50 ekor keatas)
    * Tikus Putih : Rp.5.000/ekor

    Cocok bagi kalian yang mempunyai patner atau peliharaan predator ataupun reptil
    jangan salah pilih makan untuk Patner ataupun peliharaan kalian, kondisi anak ayam/anak puyuh/tikus putih sehat sehat.
    bisa di cek di TKP.

    Lokasi : Cikarang
    Jl.Industri raya pasir gombong rt.004/006 (depan Rs.Mitra Keluarga)

    Contact Person :
    No.Hp : 081316670492
    BBM : 5AF26AAC
    *notes: Maaf untuk pengiriman jauh jauh belum tersedia dan untuk pengiriman yang berlokasi di daerah DKI Jakarta harap melakukan konfrmasi terlebih dahulu

    ReplyDelete

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.