Wednesday 16 December 2015

Kegiatan Berburu Rusa Menggunakan Jeratan Tradisional

Pojokshare.com- Rusa merupakan hewan mamalia yang banyak mendiami hutan di  indonesia. Rusa hampir tersebar di seluruh kawasan hutan di indonesia mulai dari hutan-hutan di pulau sumatera, kalimantan, sulawesi dan juga di papua. Bahkan di papua populasi rusa terbilang cukup tinggi dan mudah untuk di temukan.
Rusa sangat sensitif terhadap manusia, oleh sebab itu rusa akan selalu menghindar apabila mengetahui adanya kehadiran manusia di sekitar mereka. Meskipun selalu menghindar, toh tetap saja rusa sering tertangkap oleh manusia yang memburunya. Rusa sering di buru dan di tangkap guna memenuhi kebutuhan konsumsi manusia.

Daging rusa terbilang cukup lezat dan dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti daging sapi. Fakta inilah yang membuat perburuan rusa semakin marak, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah-daerah pedesaan yang lebih dekat dengan hutan.

Pemburu rusa biasanya menangkap rusa untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sendiri dan juga untuk di jual kepasar-pasar tradisional. Di pasaran harga daging rusa terbilang cukup mahal, hal ini membuat para pemburu semakin bersemangat untuk menangkap rusa. Sebagai contoh di pasar tradisional Muara Teweh kabupaten Barito Utara, Kalimantan tengah, rusa di jual dengan harga kisaran Rp 80.000/kg. Daging rusa di pasar ini biasanya di pasok oleh para pemburu rusa tradisional yang berburu rusa menggunakan jeratan khusus.
Contoh Jeratan Tradisional
Berburu rusa menggunakan jerat sangatlah mudah dan terbilang cukup sukses untuk menangkap rusa. Para pemburu biasanya memasang jerat rusa di dalam hutan dan memilih lokasi-lokasi yang sering di lalui rusa. Jeratan rusa ini terbuat dari tali dan beberapa peralatan lain seperti kayu yang di desain sedemikian rupa hingga mampu membuat rusa terjerat.

Selain menggunakan alat jerat tradisional, beberapa pemburu rusa juga ada yang menggunakan cara-cara yang lebih modern untuk menangkap rusa, antara lain menggunakan senapan dengan peluru tajam. Penggunaan senapan untuk berburu rusa memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dan juga banyak menjadi pilihan pemburu.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin.